PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS GUDANG OBAT JADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS ALWAYS BETTER CONTROL - FSN DENGAN PENDEKATAN SIMULASI (STUDI KASUS : PT. SANBE FARMA)

PRIYATMOKO, AZIZ DWI (2023) PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS GUDANG OBAT JADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS ALWAYS BETTER CONTROL - FSN DENGAN PENDEKATAN SIMULASI (STUDI KASUS : PT. SANBE FARMA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Sanbe Farma merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang farmasi. PT. Sanbe Farma memiliki unit penyimpanan produk obat jadi dimana berfungsi untuk menyimpan produk obat jadi untuk kemudian di kirimkan kepada distributor. Pada praktek nya proses penyimpanan produk obat jadi yang masuk dari unit produksi kemudian dilakukan penyimpanan pada gudang dengan dilakukan secara Randomize, hal ini berdampak dari ketidak teraturanya tata letak penyimpanan produk, oleh karena itu perlu dilakukanya evaluasi usulan alternatif tata letak gudang obat jadi menggunakan klasifikasi Always..Better..Control, metode ini dapat membantu dalam menentukan pengelompokan produk obat jadi berdasarkan tingkat penyerapan modal, kemudian dengan menggunakan metode FSN dapat menghasilkan kategori produk berdasarkan tingkat konsumsi dalam periode satu tahun, dan menghasilkan yaitu produk dengan kategori fast moving, slow moving, dan non-moving. Kemudian dengan menggunakan metode tersebut dan penggabungan antara keduanya, maka dihasilkan sembilan kombinasi produk obat jadi yaitu diantaranya produk AF,produk BF, produk CF, produk AS, produk BS, produk CS, produk AN, produk..BN,dan produk CN. Kemudian pada perancangan ulang tata letak gudang obat jadi dilakukan dengan menggunakan software simulasi arena, dimana software tersebut digunakan untuk mengambarkan suatu..sistem yang terjadi secara real atau eksisting..dan juga menggambarkan sistem tata..letak gudang usulan. menghasilkan output yang digunakan sebagai acuan perbandingan antara Tata letak gudang sebelum dan setelah dilakukan penerapan metode yang digunakan pada penelitian ini. Dan hasil usulan tata letak gudang obat jadi tersebut, diharapkan dapat menjadi masukan untuk gudang obat jadi Unit I milik PT. Sanbe Farma. Kata Kunci : Always Better Control, FSN, Simulasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:14
Last Modified: 14 Apr 2023 02:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63300

Actions (login required)

View Item View Item