PERANCANGAN USER EXPERIENCE PELAYANAN KESEHATAN PASIEN DI KLINIK BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES UX (Studi Kasus: Pinky Medical Center)

M Fikran, Rakadifa Ramadhan and Wanda Gusdya, DS and Erik, DS (2023) PERANCANGAN USER EXPERIENCE PELAYANAN KESEHATAN PASIEN DI KLINIK BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES UX (Studi Kasus: Pinky Medical Center). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fikran Rakadifa Ramadhan_183040063_Teknik Informatika.pdf

Download (319kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kesehatan adalah suatu keadaan yang sejahtera dari badan, jiwa, dan social yang memungkinkan setiap orang hidup produktif. Salah satu upaya menjaga kesehatan adalah sering berkonsultasi kepada ahli kesehatan terkait kondisi tubuh. Namun dalam kenyataannya, jika tidak didukung dengan memiliki dokter pribadi, kegiatan konsultasi ke dokter ini menjadi tidak mudah. Masalah lain yang sering ditemui pasien adalah ketika akan berkonsultasi di tempat praktik dokter, pasien sering dipersulit dengan antrian dan proses booking. Untuk mengatasi hal ini, para pakar teknologi sudah beberapa kali membagun sistem online yang bertujuan untuk konsultasi kesehatan secara gratis. Namun belum ditemui sistem yang mampu memberikan fitur konsultasi chatting online sekaligus memesan (booking) praktek pada suatu waktu. Penelitian ini dilakukan untuk merancang sebuah tampilan antarmuka dalam menggunakan aplikasi mobile dalam layanan di kilnik, yang dapat membantu masyarakat berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi chatting serta dapat memesan waktu untuk berkonsultasi secara langsung di tempat praktik. Penelitian ini berfokus pada perancangan user experience (UX) layanan kesehatan berupa chatting dan booking praktik di klinik dengan menggunakan metode Five Plane UX. Pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan pengguna dan tujuan bisnis stakeholder pada bagian strategy plane. Pada bagian scope plane, penentuan fitur dan spesifikasi fungsional dilakukan. Kata kunci : Chatting, Antarmuka, Kesehatan, Konsultasi, Five Planes Ux

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:38
Last Modified: 13 Apr 2023 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63276

Actions (login required)

View Item View Item