ANALISA POSTUR KERJA OPERATOR HAND TAPPING MENGGUNAKAN METODE OWAS (OVAKO WORK ANALYSIS SYSTEM) PADA WORKSTATION PENGULIRAN DI PT. SUNRISE ABADI (STUDI KASUS : PERANCANGAN SISTEM KERJA ERGONOMI)

WALUYA, YOVI HINDRA (2022) ANALISA POSTUR KERJA OPERATOR HAND TAPPING MENGGUNAKAN METODE OWAS (OVAKO WORK ANALYSIS SYSTEM) PADA WORKSTATION PENGULIRAN DI PT. SUNRISE ABADI (STUDI KASUS : PERANCANGAN SISTEM KERJA ERGONOMI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Yovi Hindra Waluya_183010080_Teknik Industri.pdf

Download (552kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. SUNRISE ABADI merupakan perusahaan di bidang jasa dan produksi manufakturing logam yang melayani permintaan pelanggan dalam pembuatan barang seperti pembuatan mesin produksi, pembuatan spare part mesin, pembuatan komponen mesin, juga pembuatan alat-alat atau perkakas perusahaan. Sistem produksi yang dijalankan pada perusahaan ini yaitu sistem make to order sehingga perusahaan hanya akan memproduksi barang jika terdapat pesanan pelanggan. Keterlambatan proses produksi sering terjadi karena operator mesin terkadang mengalami Musculoskeletal disorder dan fatigue terutama operator pada workstation penguliran atau hand tapping, hal tersebut diketahui dari wawancara langsung kepada operator menggunakan tools NBM atau Nordic Body Map yang diberi skala untuk menentukan level atau tingkat kesakitan operator tersebut, skala yang digunakan yaitu skala likert. NBM sendiri yaitu tools yang bersifat subjektif berupa kuisioner standar yan digunakan untuk mengetahui ketidaknyamanan para operator dalam melakukan pekerjaannya, yang selanjutnya ditindaklanjuti menggunakan metode objektif yaitu OWAS atau (Ovako Workload Analysis System) dengan solusi perbaikan alat yang dapat membantu mengurangi terjadi resiko beban kerja yang berlebih dan dapat mengakibatkan gangguan pada musculoskeletal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:26
Last Modified: 13 Apr 2023 06:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63272

Actions (login required)

View Item View Item