USULAN PERBAIKAN TATA LETAK PADA LANTAI PRODUKSI PRODUK KEJU MENGGUNAKAN ALGORITMA CRAFT (STUDI KASUS : PT. BUKIT BAROS CEMPAKA)

FADILLAH, HAIQAL FAWAZ (2022) USULAN PERBAIKAN TATA LETAK PADA LANTAI PRODUKSI PRODUK KEJU MENGGUNAKAN ALGORITMA CRAFT (STUDI KASUS : PT. BUKIT BAROS CEMPAKA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Haiqal Fawaz Fadillah_183010081_Teknik Industri.pdf

Download (390kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Bukit Baros Cempaka merupakan perusahaan yang bergerak pada Industri Manufaktur bidang makanan dan minuman dari olahan susu sapi yang dimana memiliki beberapa produk yaitu Keju, makanan ringan dan yoghurt. Dalam sistem produksinya dilakukan dengan Make To Stock (MTS), produk yang telah jadi akan disimpan dalam gudang penyimpanan. Untuk proses produksinya tentu harus mempertimbangkan bagaimana layout perusahaan, sehingga dalam proses produksinya dapat berjalan efektif dan efisien. Penentuan dalam penempatan mesin-mesin pada lantai produksi atau layout perusahan harus diperhatikan dalam beberapa aspek. Seperti bagaimana aliran material handling dalam perpindahan bahan baku atau barang setengah jadi antar mesin-mesin yang digunakan, ruang kerja operator yang menggunakan mesin tersebut dan luas untuk pekerja pada lantai produksi. Sehingga, dari perhitungan ongkos material handling dapat digunakan seoptimal mungkin. Maka dari itu dilakukanlah evaluasi terhadap lantai produksi pada perusahaan ini yang dimana aliran material handling pada lantai produksi keju untuk dua produk keju gouda dan keju mozarella melewati jalur perpindahan satu sama lain yang dimana pada saat proses perpindahan mengalami waktu tunggu. Untuk mengevaluasi hal tersebut, maka dilakukanlah terlebih dahulu perhitungan ongkos material handling awal dari layout perusahaan awal sebesar Rp. 407.520 dengan jarak total 19,6 m. Kemudian, dilakukan pembentukan layout usulan baru menggunakan metode CRAFT. Dari metode tersebut dibuat 3 usulan layout yang nantinya akan dilakukan perbandingan nilai ongkos material handling dari masing-masing layout untuk dilihat nilai jarak terpendek dan nilai ongkos terkecil. Setelah melakukan pengolahan data untuk mencari layout usulan terkecil maka terpilihlah layout usulan 1 dengan nilai jarak 17,45 m dan nilai ongkos material handling sebesar Rp. 337.105. Dengan hasil tersebut bahwa adanya minimasi jarak dan ongkos material handling dari layout awal dengan layout usulan. Kata Kunci : Layout, Motode CRAFT, Ongkos Material Handling

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:13
Last Modified: 13 Apr 2023 06:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63263

Actions (login required)

View Item View Item