PENGARUH PELARUT ASAM DAN WAKTU PERENDAMAN TERHADAP PENURUNAN KADAR KALSIUM OKSALAT PADA TEPUNG UMBI PORANG (Amorphophallus oncopphyllus )

Ilham, Munawar Mansyur and Asep Dedi Sutrisno, DS and Hasnelly, DS (2023) PENGARUH PELARUT ASAM DAN WAKTU PERENDAMAN TERHADAP PENURUNAN KADAR KALSIUM OKSALAT PADA TEPUNG UMBI PORANG (Amorphophallus oncopphyllus ). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ripository Ilham Munawar Mansyur.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis larutan asam, konsentrasi larutan, dan lama perendaman yang tepat untuk produk tepung porang dengan menggunakan rancangan percobaan dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 3 faktor. Penelitian ini dilakukan dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan yang terdiri dari pembuatan tepung porang tanpa perlakuan asam yaitu sebagai blanko dengan analisis kadar kalsium oksalat dan intensitas warna dengan Chromameter. Selanjutnya penelitian utama bertujuan untuk menghilangkan kadar kalsium oksalat pada umbi porang dengan perlakuan perendaman larutan asam laktat, asam sitrat dan asam asetat dengan masing masing konsentrasi (5%, 10% dan 15%) dan lama perendaman selama (30 menit, 60 menit dan 90 menit).Tanggapan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari analisis kadar kalsium oksalat dan intensitas warna dengan Chromameter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis pelarut asam, konsentrasi larutan dan lama waktu perendaman serta interaksi antara jenis pelarut asam, konsentrasi larutan dan lama waktu perendaman berpengaruh terhadap penurunan kadar kalsium oksalat pada tepung umbi porang. Sehingga penurunan kadar oksalat perlakuan asam sitrat dengan konsentrasi 5%, 10% dan 15% tidak berbeda nyata. Kata kunci : kalsium oksalat, larutan asam, tepung porang, umbi porang.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Apr 2023 05:22
Last Modified: 13 Apr 2023 05:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63252

Actions (login required)

View Item View Item