PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN BERORIENTASI KRISIS (KOMPLIKASI) DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Hidayati, Panca Pertiwi and Nugraha, Aries Setia (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN BERORIENTASI KRISIS (KOMPLIKASI) DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, 12 (1). ISSN 2549-2594

[img]
Preview
Text
Panca_Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerpen Berorientasi Krisis (Komplikasi) dengan Model Problem Based Learning.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam kemampuan menulis yang dialami siswa sangat dipengaruhi berbagai faktor, antara lain faktor guru dalam memilih model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran sangat bergantung pada kompetensi yang akan dicapai siswa. Untuk itu dalam pembelajaran menuls cerpen harus dipilih model yang dapat memudahkan siswa untuk menulis dengan berbagai upaya, antara lain perantaraan melanjutkan cerita melalui orientasi krisis dalam alur ceritanya. Untuk melakukan itu, penelitian ini mengimplementasi model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model problem based learning pada pembelajaran melanjutkan akhir cerpen yang berorientasi krisis. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method (campuran). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Handayani 1 Pameungpeuk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai. Instrumen tersebut dikategorikan vaid dan reliabel setelah diuji statistik (validitas dan reliabilitas). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata kelas pretest dan posttest, mengetahui nilai makimum dan nilai minimum, dan menguji hipotesis dengan paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan aktivits siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 44,90 dan rata-rata posttest sebesar 78,10, dan hasil uji hipotesis gain yaitu nilai probabilitas atau Sign. (2-tailed) 0,00<0,05. Besarnya dampak terhadap peningkatan melanjutkan cerpen berorientasi krisis ditunjukan oleh hasil uji hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan data hasil pretetst dan posttest dan menunjukkan hasil terjadinya peningkatan pembelajaran dengan melihat rata-rata dari setiap kegiatan. Dengan demikian model problem based learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Kata Kunci: Krisis, menulis teks cerpen, Problem Based Learning

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:53
Last Modified: 12 Apr 2023 07:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63231

Actions (login required)

View Item View Item