OPTIMALISASI FORMULASI MINUMAN COKLAT JAHE SERBUK DENGAN PENAMBAHAN JAHE EMPRIT (Zingiber offcinale) DAN KRIMER MENGGUNAKAN DESIGN EXPERT METODE MIXTURE D-OPTIMAL

Bentar, Krisnayudha and Sumartini, DS and Ira Endah Rohima, DS (2023) OPTIMALISASI FORMULASI MINUMAN COKLAT JAHE SERBUK DENGAN PENAMBAHAN JAHE EMPRIT (Zingiber offcinale) DAN KRIMER MENGGUNAKAN DESIGN EXPERT METODE MIXTURE D-OPTIMAL. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Bentar Krisnayudha-173020107-Teknologi Pangan.pdf

Download (398kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan formulasi optimal produk Minuman coklat serbuk jahe dengan menggunakan aplikasi Design Expert Metode Mixture D-Optimal. Penelitian ini dilakukan dua tahap yaitu penelitian pendahuluan yang terdiri dari penentuan batas atas dan batas bawah variabel berubah, penyesuaian ukuran mesh bahan baku dan penunjang, serta analisis kimia kadar air dan kadar lemak pada setiap bahan. Selanjutnya penelitian utama bertujuan untuk menentukan formulasi optimal produk minuman coklat serbuk jahe. Tanggapan dalam penelitian ini terdiri dari respon kimia berupa kadar air, kadar lemak, dan kadar total fenol, respon fisik berupa, indeks kelarutan dalam air, respon organoleptik berupa atribut kecerahan warna, aroma dan rasa. Formulasi optimal yang diperoleh dari hasil verifikasi di laboratorium adalah cocoa powder 34,76%, jahe emprit bubuk 24,95% dan krimer 10,27%. Hasil verifikasi yang dilakukan terhadap formula optimal menghasilkan respon kimia diantaranya kadar air 2,96%, kadar lemak 9,52%, respon fisik yaitu indeks kelarutan dalam air 50,00%, dan respon organleptik diantaranya atribut warna 4,63, aroma 3,60 dan rasa 4,00 Selanjutnya dibandingkan dengan hasil analisis di laboratorium dan diperoleh nilai desirability (ketepatan) sebesar 0,636. Selisih antara hasil analisis program Design Expert dengan analisis dari laboratorium menunjukkan bahwa Minuman coklat serbuk jahe berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar lemak, total fenol, warma dan aroma, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kelarutan dalam air dan rasa pada minuman coklat serbuk. Kata kunci : Cocoa Powder, Design Expert, Jahe bubuk, Minuman serbuk, krimmer.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:48
Last Modified: 12 Apr 2023 07:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63227

Actions (login required)

View Item View Item