KAJIAN STILISTIKA TERHADAP PROFIL WANITA DALAM NOVEL INDONESIA ( SITTI NURBAYA KARYA MARAH RUSLI) PADA MASA SEBELUM KEMERDEKAN: Sebuah Model Pengembangan Literasi

HIDAYATI, R. PANCA PERTIWI KAJIAN STILISTIKA TERHADAP PROFIL WANITA DALAM NOVEL INDONESIA ( SITTI NURBAYA KARYA MARAH RUSLI) PADA MASA SEBELUM KEMERDEKAN: Sebuah Model Pengembangan Literasi. repository.unpas.ac.id.

[img]
Preview
Text
KAJIAN STILISTIKA TERHADAP PROFIL WANITA DALAM NOVEL INDONESIA.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Novel sebagai karya sastra merupakan salah satu sarana literasi yang paling digemari pembaca. Melalui karya sastra, pembaca dapat mempelajari representasi ketokohan yang ditampilkan pengarangnya. Kajian stilistika yang digunakan penulis mampu menafsirkan dan mendeskripsikan gaya bahasa tokoh cerita, sehingga terbangun pemahaman, bahwa tokoh wanita pada masa sebelum kemerdekaan adalah sosok yang ruang geraknya terbatas dan terkungkung adat istiadat dari konteks sosial budaya yang melingkupinya. Pengakuan terhadap hak wanita masa kini harus disyukuri dan dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat, bangsa, dan negara. Oleh karena, ketokohan wanita Indonesia sekarang adalah perjalanan panjang dari perjuangan wanita Indonesia masa lalu. Repesentasinya, ada dalam novel ini. Kata kunci: Gaya bahasa, penokohan, profil, tokoh, Sitti Nurbaya, stilistika.

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:26
Last Modified: 12 Apr 2023 07:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63224

Actions (login required)

View Item View Item