TEKNIK BERMAIN KECAPI KANG AGUS PADA IRINGAN LAGU RAJAH DALAM UPACARA ADAT MAPAG PANGANTEN SUNDAMuhammad Rizki Nurfadlilah 186040016.

Muhammad Rizki Nurfadlilah, dan Rosikin WK,.M.Sn (2023) TEKNIK BERMAIN KECAPI KANG AGUS PADA IRINGAN LAGU RAJAH DALAM UPACARA ADAT MAPAG PANGANTEN SUNDAMuhammad Rizki Nurfadlilah 186040016. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img]
Preview
Text
COVER-1.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Seni karawitan merupakan salah satu contoh seni musik tradisional. Karawitan adalah kesenian yang meliputi seni suara, seni rupa, seni sastra, seni tari, seni drama, seni padalangan, dan sebagainya. Sementara yang disebut seni karawitan yaitu seni mengolah bunyi benda atau alat musik tradisional gamelan. Salah satu alat musik yang digunakan dalam seni karawitan yaitu kecapi. Kecapi merupakan alat musik petik yang termasuk ke dalam kategori alat musik kordofon yang dimana bunyi dihasilkan dari senar atau dawai yang bergetar. Kacapi sendiri merupakan alat musik yang dimainkan sebagai instrumen utama. Salah satu kesenian tradisional yang menggunakan alat musik kecapi yaitu upacara mapag panganten. Upacara mapag panganten adalah upacara tradisional pernikahan dalam adat Sunda. Terdapat salah satu bagian dalam upacara tersebut yaitu rajah bubuka dan rajah pamunah. Pada bagian tersebut, alat musik kecapi memiliki peran utama dalam mengiringi bagian tersebut. Setiap pemain kecapi memiliki ciri khas dalam bermain kecapi. Salah satu pemainnya yaitu Kang Agus. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana teknik bermain kecapi Kang Agus dalam mengiringi lagu rajah pamuka (pembuka) dan rajah pamunah pada upacara pengantin Sunda. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dan metode deskriptif analisis dengan pendekatan wawancara dan observasi. Peneliti mengambil data menggunakan format pertanyaan yang terencana dan diajukan secara lisan kepada responden. Dari hasil penelitian ini didapatkan teknik bermain kecapi Kang Agus yaitu menggunakan teknik ditoel dari awal sampai akhir dimana timbre yang dihasilkan lebih seimbang dan tidak nyaring. Kata kunci: Seni Karawitan, Kecapi, Upacara Mapag Panganten, Rajah, Teknik Bermain Kecapi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2022
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:24
Last Modified: 12 Apr 2023 04:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63210

Actions (login required)

View Item View Item