Muhammad Fikri, Rasyid Mutaqin and Deden Syarifudin, DS and Fury Sari Nurwulandari, ds (2023) PEMETAAN SPASIAL EKONOMI KREATIF BERBASIS DIGITAL ASSET TEMPLATING DI KOTA CIMAHI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
Muhammad Fikri Rasyid Mutaqin_183060078_Perencanaan Wilayah Kota.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
BSTRAK Industri kreatif di Indonesia berkembang dengan begitu pesat dan tidak dapat ipisahkan dengan adanya media baru. Penggunaan media baru oleh industry kreatif ini dapat menarikkonsumen tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari manca negara. Adapun masalah yang akan diteliti yaitu melihat tersedianya banyak pelaku digital kreatif Kota Cimahi kehilangan Project serta terhambat proses bisnisnya. Tujuan yang ingin dicapai di dalam penyusunan laporan ini Mengetahui Potensi Ekonomi Kreatif dalam bidang Industri Kreatif digital Aset Templating Metode penelitian pendekatan kualitatif ini dilakukan untuk memahami bagaimana proses dan mengungkapkan makna dari setiap fenomena secara khas dan mendalam menurut persepsi masyarakat dalam hal ini anggota komunitas dan peserta Program Cimahi Makerspace yang mendalami bidang Digital Templating, pelaku usaha industri digital kreatif templating di Kota Cimahi. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah deskriptif yang tujuanya untuk eksplorasi dan klarifikasi Berdasarkan kesimpulan diatas dapat disimpulkan bahwa selama kegiatan Makerspace Digital Creative ini telah berjalan selama hampir dua tahun kegiatan ini sudah menghasilkan 6252 produk pendapatan senilai 2,5 milyar rupiah serta apresiasi dari Marketplace dan stakeholder lainnya kepada peserta kegiatan Makerspace digital kreatif yang siap dikembangkan kearah industri keberhasilan. kolaborasi yang apik dari sektor pemerintah komunitas bisnis dan akademisi yang terus mendukung perkembangan Cimahi Makerspace digital kreatif. Secara keseluruhan program Cimahi Makerspace ini sudah sangan baik untuk menjadi potensi pengembangan kota namun perlu adanya beberapa peningkatan dalam segi internal maupun eksternal. Seperti peningkatan fasilitas dan peningkatan kompetensi yang didasari oleh adanya rencana pembelajaran yang lebih detail dan silabus pembelajaran yang lebih mengasah kepada ketajaman kreator dalam memberikan kreatifitas dan inovasi dan Bidang-bidang yang ditekuni pun harus lebih beragam sehingga lebih luas cakupan yang dapat dicapai oleh para Kreator. Kata Kunci: Industri Kreatif, Digital Asset Templating, Ekonomi Kreatif,, Potensi Kota, Cimahi Makerspace, Komunitas bisnis, Perencanaan Wilayah Kota
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2023 |
Depositing User: | Ms sri - |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 02:57 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 02:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63198 |
Actions (login required)
View Item |