ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA E–COMMERCE NIQABIS STORE DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS : E-commerce Niqabis Store)

TEUKU, ALFARIZI and SYAKUR AMIN, DS (2023) ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA E–COMMERCE NIQABIS STORE DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS : E-commerce Niqabis Store). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Teuku Alfarizi_183010025_Teknik Industri.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK E-commerce Niqabis Store perusahaan e-commerce yang menjual tas ransel dan juga dompet wanita. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi bisnis apa yang tepat agar dapat diterapkan oleh perusahaan yang bertujuan dalam meningkatkan penjualan pada E-commerce Niqabis Store. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Pada pengumpulan data ini menggunakan data primer dengan cara melakukan wawancara pada pemilik E-commerce dan dengan melakukan observasi untuk mendapatkan data-data dan informasi yang akurat. Selanjutnya dengan menggunakan data sekunder dengan cara melakukan pengumpulan data memalui data internal perusahaan, dan data terkait. Berdasarkan hasil matrik IFE memperoleh total skor tertimbang sebesar 3,36 dan matrik EFE memperoleh total skor tertimbang sebesar 3,41. Matriks SWOT memperoleh beberapa alternatif strategi yang telah di proses dengan menggabungkan antara faktor internal kekuatan dan kelemahan dengan faktor eksternal peluang dan ancaman. Pada hasil diagram analisis swot, perusahaan berada pada kuadran 1 yaitu posisi yang dapat menguntungkan bagi perusahaan yang disebabkan oleh perusahaan yang memiliki banyaknya peluang dan kekuatan sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang-peluang yang ada. serta mendukung pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Berdasarkan hasil yang telah dibuat, QSPM memperoleh alternatif strategi prioritas yaitu Menciptakan digital marketing atau meningkatkan jaringan promosi yang lebih luas dan melakukan kegiatan sosialisasi yang lebih tinggi dengan memberikan bonus atau potongan harga (Discount) untuk menarik palanggan baru dengan nilai TAS sebesar 7,24. Kata Kunci : Matrik IFE dan EFE, Diagram Analisis SWOT dan QSPM.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 11 Apr 2023 06:02
Last Modified: 11 Apr 2023 06:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63140

Actions (login required)

View Item View Item