ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNIVESITAS PASUNDAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRATION TASK LOAD INDEX (NASA-TLX)

ADIES, NURHAWAN and Riza Fathoni Ishak, ds (2023) ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNIVESITAS PASUNDAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRATION TASK LOAD INDEX (NASA-TLX). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Adies Nurhawan_183010100_Teknik Industri.pdf

Download (323kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu negara berkembang khususnya di kawasan Asia Tenggara. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perkembangan suatu negara. Keberhasilan perguruan tinggi dalam menghasilan lulusan berkualitas tidak terlepas dari peranan dosen. Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Beban kerja yang ada tentunya akan berdampak pada mental seorang dosen, sehingga dapat mempengaruhi kinerja dosen. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui beban kerja mental Dosen Fakultas Teknik Universitas Pasundan termasuk optimumload, underload atau overload. Metoda yang digunakan adalah dengan menggunakan metoda NASA-TLX (National Aeronautics and Space Administration Task Load Index) berdasarkan data kuesioner dengan responden Dosen Fakultas Teknik Universitas Pasundan. Hasil penelitian yang didapatkan Beban Kerja Mental Dosen pada Fakultas Teknik Universitas Pasundan termasuk dalam kondisi baik yang mana 70% dosen dalam kondisi optimumload, maka dari itu manajemen beban kerja yang ada perlu dipertahankan. Kata Kunci : Beban Kerja Mental, Dosen, NASA-TLX

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:40
Last Modified: 11 Apr 2023 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63128

Actions (login required)

View Item View Item