PERBANDINGAN SIMPLE SYRUP DENGAN CORN SYRUP DAN TAHAP PENAMBAHAN SUKROSA TERHADAP KARAKTERISTIK GLAZED PEPAYA (Carica papaya L.)

Firdaus, Tubagus Irfan (2020) PERBANDINGAN SIMPLE SYRUP DENGAN CORN SYRUP DAN TAHAP PENAMBAHAN SUKROSA TERHADAP KARAKTERISTIK GLAZED PEPAYA (Carica papaya L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Tubagus Irfan Firdaus_153020113_Teknologi Pangan.pdf

Download (322kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan simple syrup dengan corn syrup dan tahap penambahan sukrosa terhadap karakteristik glazed papaya. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang olahan buah pepaya berupa glazed pepaya yang dapat meningkatkan nilai jual buah pepaya dan memperpanjang umur simpannya, kemudian dapat dijadikan sebagai salah satu peluang usaha yang cukup cerah dalam bidang industri pangan dan dapat memberikan pengetahuan bagi pihakpihak yang membutuhkan serta instansi terkait. Penelitian ini menggunkan rancangan percobaan pola faktorial 3 x 3 dalam rancangan acak kelompok (RAK) dengan ulangan sebanyak 3 kali, dengan faktor meliputi : perbaningan simple syrup dengan corn syrup (S) terdiri dari tiga taraf, yaitu s1 (6 : 1), s2 (5 : 2), s3 (4 : 3) dan tahap penambahan sukrosa (G) terdiri dari 3 taraf, yaitu : g1 (4 kali), g2 (5 kali), g3 (6 kali). Respon dalam penelitian ini meliputi respon kimia yaitu kadar air, kadar abu dan kadar gula pereduksi. Respon fisik yaitu tektur serta respon organoleptik yaitu uji hedonik dalam hal atribut warna, aroma, kenampakan dan rasa. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan simple syrup dengan corn syrup berpengaruh terhadap kadar air, kadar gula pereduksi, tekstur, warna, aroma dan kenampakan. Tahap penambahan sukrosa berpengaruh terhadap kadar abu, kadar gula pereduksi, tekstur, aroma, kenampakan dan rasa. Interaksi perbandingan simple syrup dengan corn syrup dan tahap penambahan sukrosa berpengaruh terhadap kadar gula pereduksi, tekstur, warna, aroma dan rasa. Kata kunci : Glazed pepaya, Simple Syrup, Corn Syrup, Tahap Penambahan Sukrosa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2020
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:37
Last Modified: 10 Apr 2023 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63084

Actions (login required)

View Item View Item