PERANCANGAN PRODUK FOLDABLE WATERTANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (HOUSE OF QUALITY DAN PETA MORFOLOGI)

Abioga, Muhammad Fakhri (2022) PERANCANGAN PRODUK FOLDABLE WATERTANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (HOUSE OF QUALITY DAN PETA MORFOLOGI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD FAKHRI ABIOGA_18310090_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (493kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kebutuhan air merupakan kebutuhan yang dirasa sangat penting bagi kehidupan manusia. Salah satu cara menjaga air adalah dengan membuat suatu atau penyimpanan air yaitu watertank. Namun dalam penggunaan watertank tersebut masih menimbulkan masalah pagi para penggunanya yaitu ketika akan menempatkannya dimana bentuk dari watertank sendiri memiliki bentuk yang besar, sehingga penempatan watertank tersebut harus diperhatikan. Salah satu yang diperhatikan adalah akses jalannya, dari akses jalan tersebut jika suatu rumah atau bangunan berada diarea padat penduduk, hanya memiliki satu akses pintu maka watertank tersebut akan sulit melewati akses jalan yang telah disebutkan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah mengidentifikasi keinginan konsumen terhadap produk watertank untuk nantinya di buat suatu rancangan produk yang dapat menjadi solusi permasalahan yang disebutkan sebelumnya. Perancangan produk watertank ini sendiri menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, yaitu menggunakan metode Quality Function Deployment. Data sendiri didapat dari konsumen secara langsung menggunakan kuisioner menghasilkan 10 atribut tentang produk rancangan yang seperti bahan watertank, bahan rangka penyangga, bentuk watertank, bentuk alas penyangga watertank dan atribut lainnya. Didalam penggunaan metode tersebut juga didalamnya terdapat alat matriks House of Quality yang digunakan untuk mengetahui tingkat hubungan setiap atribut produk dan juga Peta Morfologi yang digunakan untuk mendapatkan alternatif terpilih untuk produk rancangan. Dari hasil perancangan berbahan polyethylene, bahan rangka penyangga yaitu besi alumunium, watertank berbentuk cylinder, bentuk alas penyangga yaitu alas plat tidak berlubang, baut yang digunakan untuk rangka adalah baut hexagon head bolt, lalu untuk mekanisme lipat watertanknya sendiri yaitu lipat horizontal dimana mekanisme lipat ini akan menggambarkan arah lipatan dari produk rancangan, dan atribut terpilih lainnya. Untuk bentuk dan bahan lipatan dan juga ditentukan oleh perancang sendiri. Kata Kunci : Kebutuhan Air, WaterTank, Perancangan Produk, Quality Function Deployment, matriks House of Quality, Peta Morfologi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:33
Last Modified: 10 Apr 2023 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63083

Actions (login required)

View Item View Item