PENGARUH KONSENTRASI TEPUNG BEKATUL BERAS MERAH TERHADAP KARAKTERISTIK BUBUR INSTAN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L. Poir)

Siti, Rahmah and Neneng Suliasih, DS and Ina Siti Nurminabari, Ds (2023) PENGARUH KONSENTRASI TEPUNG BEKATUL BERAS MERAH TERHADAP KARAKTERISTIK BUBUR INSTAN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L. Poir). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
SITI RAHMAH-163020114-TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (318kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh konsentrasi tepung bekatul beras merah dalam pembuatan bubur instan ubi jalar ungu sehingga diperoleh karakteristik bubur instan yang baik sehingga bubur instan yang dihasilkan dapat diterima dan dikonsumsi oleh masyarakat. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menjadikan bubur instan sebagai produk olahan pangan yang berbahan dasar ubi jalar ungu dengan penambahan tepung bekatul beras merah dan satu penganeka ragaman (diversifikasi) pangan sumber karbohidrat, protein, dan serat sehingga mendapatkan produk pangan instan dengan komposisi yang lebih baik. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 1 faktor dengan 7 taraf sebanyak 4 kali ulangan yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Variabel percobaan pada penelitian ini yaitu konsentrasi tepung bekatul beras merah dengan variasi 7,5%, 10,5%, 12,5%, 15%, 17,5%, 20%, 22,5%. Respon dalam penelitian ini meliputi kadar air, kadar karbohidrat total, kadar protein, kadar lemak, kadar abu, dan kadar serat serta organoleptik terhadap warna, rasa, aroma dan tekstur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi tepung bekatul beras merah berpengaruh terhadap seluruh respon, baik respon kimia maupun respon organoleptik yang meliputi kadar air, kadar karbohidrat total, kadar protein, kadar lemak, kadar abu, dan kadar serat serta terhadap warna, rasa, aroma dan tekstur. Perlakuan k3 dengan konsentrasi tepung bekatul beras merah 12,5% merupakan perlakuan yang paling disukai dengan kadar air 3,98%, kadar karbohidrat total 73,59%, kadar protein 12,89%, kadar lemak 6,78%, kadar abu 2,76%, dan kadar serat 8,05%. Kata kunci: bubur instan, ubi jalar ungu, tepung bekatul beras merah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 10 Apr 2023 05:32
Last Modified: 10 Apr 2023 05:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63074

Actions (login required)

View Item View Item