ANALISIS PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA NEW NORMAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Karangtengah Kab. Cianjur)

PRATIWI, REGIANI, 185010009 (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA NEW NORMAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Karangtengah Kab. Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran tatap muka di masa new normal dalam membentuk karakter sopan santun peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, yang dilakukan pada peserta didik di SMP Negeri 2 Karangtengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan proses pembelajaran tatap muka di masa new normal bagi peserta didik di SMP Negeri 2 Karangtengah tidak lagi wajib menggunakan prosedur protokol kesehatan, (2) Pembentukan karakter sopan santun pada peserta didik di masa new normal dalam pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 2 Karangtengah cenderung menurun, (3) Kendala dalam pembentukan karakter sopan santun diantaranya sebagai berikut: (a) Kedudukan orang tua peserta didik yang kurang andil dalam hal pembentukan sikap atau etika, (b) Kurangnya perhatian secara khusus beberapa guru terhadap perilaku peserta didik, (c) Latar belakang kehidupan antar peserta didik yang tidak sama, (d) peserta didik sulit diberi nasihat oleh guru, (e) Peserta didik yang belum bertutur kata sopan, (f) Orang tua kurang peduli terhadap perkembangan sikap peserta didik , (g) Guru tidak bisa mengawasi keseluruhan peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut sekolah berkoordinasi dengan orang tua dan guru untuk turut membimbing, mengarahkan, dan mendidik peserta didik dalam membentuk karakter sopan santun. Kata kunci : Pembelajaran Tatap Muka, Karakter Sopan Santun, Peserta Didik, Mata Pelajaran PPKN.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:45
Last Modified: 10 Apr 2023 04:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63071

Actions (login required)

View Item View Item