ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANGKA PARTISIPASI KASAR PERGURUAN TINGGI DI PULAU JAWA DAN PULAU SUMATERA TAHUN 2010-2020

Eka Febrianti, 184030032 and Dr.H.Tete Saepudin ,SE,MSi, Pembimbing (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANGKA PARTISIPASI KASAR PERGURUAN TINGGI DI PULAU JAWA DAN PULAU SUMATERA TAHUN 2010-2020. Skripsi(S1) thesis, Unuversitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi (PT) dapat merepresentasikan kualitas layanan pemerintah terhadap hak masyarakat dalam memperoleh akses pendidikan tinggi. APK PT juga menunjukkan bahwa masyarakat memperoleh kemudahan akses menempuh pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi angka partisipasi perguruan tinggi. Analisis dilakukan dengan melihat empat aspek yang diduga mempengaruhi perubahan APK PT, yaitu aspek pemerintah, sekolah, rumah tangga, dan karakteristik daerah. Data yang digunakan merupakan data panel tingkat provinsi, yang diestimasi dengan pendekatan ekonometri melalui analisis Fixed Estimation Method (FEM). Hasilnya menunjukkan bahwa tidak semua variabel dari keempat aspek tersebut diduga berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan APK PT. Variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan APK PT antara lain: (1) Jumlah penduduk miskin (mewakili aspek karakteristik daerah); (2) PDRB perkapita (mewakili aspek rumah tangga); dan (3) Anggaran Pendidikan (mewakili aspek pemerintah). Sementara itu, variabel jumlah perguruan tinggi (mewakili aspek perguruan tinggi) dan pengeluaran pemerintah bidang pendidikan (mewakili aspek pemerintah) diduga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan APK PT. Hasil penelitian ini kiranya dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi pemerintah untuk merumuskan kebijakan dalam upaya peningkatan akses pendidikan tinggi melalui peningkatan APK PT. Kata kunci: angka partisipasi kasar, perguruan tinggi, provinsi, data panel.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2018
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 08 Apr 2023 04:54
Last Modified: 08 Apr 2023 04:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63046

Actions (login required)

View Item View Item