PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI EDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN DIGITAL

Kusyanto, NPM. 208060011 (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI EDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN DIGITAL. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal_Kusyanto_Tesis.docx

Download (81kB)

Abstract

Kemampuan Numerasi Siswa berdasarkan Kemampuan Digital dan Motivasi Belajar matematis siswa di SMP relatif masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hal tersebut menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Aplikasi Edpuzzle. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Method) tipe embedded. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas IX SMP Negeri 2 Pagaden Subang. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IX F sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes Kemampuan Numerasi Siswa berdasarkan Kemampuan Digital siswa, angket motivasi belajar matematis siswa, lembar observasi kegiatan pembelajaran dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan Mengetahui kemampuan numerasi siswa berdasarkan kemampuan digital berbantuan aplikasi Edpuzlle melalui penerapan model Discovery Learning lebih baik dengan siswa yang belajar melalui pendekatan konvensional; (2) Adanya Peningkatan gambaran motivasi belajar setelah memperoleh pembelajaran model Discovery Learning berbantuan aplikasi Edpuzlle; (3) Hasil Analisa korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan numerasi berdasarkan kemampuan digital berbantuan aplikasi Edpuzzle siswa melalui penerapan model model Discovery Learning Kata kunci : Discovery Learning berbantuan aplikasi edpuzlle, Kemampuan Numerasi, Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Apr 2023 04:54
Last Modified: 08 Apr 2023 04:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63045

Actions (login required)

View Item View Item