IDENTIFIKASI PENYEBAB KEGAGALAN PADA PROSES PEMBUATAN KANSTIN BETON DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS : PT. WAHANA MULYA PRATAMA)

DWIKY, NOERMANSYAH and Dedeh Kurniasih, DS (2023) IDENTIFIKASI PENYEBAB KEGAGALAN PADA PROSES PEMBUATAN KANSTIN BETON DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS : PT. WAHANA MULYA PRATAMA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Dwiky Noermansyah_183010086_Teknik Industri.pdf

Download (654kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT. Wahana Mulya Pratama merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor dan batching plant Ready mix beton. PT. Wahana Mulya Pratama memproduksi Ready mix Beton, Kanstin Beton, dan Buis Beton. Pada proses produksinya PT. Wahana Mulya Pratama masih terdapat produk cacat/defect yang diakibatkan oleh mesin, lingkungan, manusia dan lain-lain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas berbagai produk. Pada hasil pengumpulan data, produk yang paling bermasalah ialah Kanstin Beton dengan jumlah cacat sebesar 131 dan tingkat presentase kecacatan 2,82%. Setelah mengidentifikasi produk bermasalah, selanjutnya mengidentifikasi mesin yang bermasalah pada proses pembuatan Kanstin Beton yaitu shutter vibrator yang dapat mengakibatkan cacat pada produk berupa Kanstin Beton belubang. Dari hasil kecacatan produk diketahui bahwa penyebab utamanya adalah mesin shutter vibrator, breket shutter vibrator, dan safety belt shutter vibrator. Hasil dari pengumpulan data kemudian digunakan lembar kerja FMEA, yang dimana potensial kecacatan jarang dilakukan pengecekan dan service berkala mengakibatkan mesin shutter vibrator kurangnya getaran dengan nilai RPN 224, tidak kuatnya menahan getaran mengakibatkan breket shutter vibrator retak dengan nilai RPN 90, dan menahan shutter vibrator terlalu lama mengakibatkan safety belt shutter vibrator putus dengan nilai RPN 60. Nilai RPN tertinggi 224 yang terjadi karena jarang dilakukan pengecekan dan service berkala, maka bentuk perbaikan yang disarankan adalah dengan melakukan maintenance mesin shutter vibrator. Keywords: Kanstin Beton, Proses Produk, FMEA, Minimasi Cacat Produk

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 08 Apr 2023 04:32
Last Modified: 08 Apr 2023 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63044

Actions (login required)

View Item View Item