PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR) (STUDI KASUS : PERUSAHAAN KRUPUK CAP INDRA SARI)

DERRY, HIDAYAT and Mohammad Syarwani, DS (2023) PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR) (STUDI KASUS : PERUSAHAAN KRUPUK CAP INDRA SARI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
DERRY HIDAYAT _183010131_Teknik Industri.pdf

Download (356kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kerupuk adalah suatu hidangan yang memang jadi pelengkap dalam sebuah kuliner. Namun era sudah banyak perusaaan lain yang sama – sama memproduksi krupuk udang. Oleh karena itu perusahaan ini perlu dilakukan pengukuran suatu kinerja dari rantai pasok (supply chain). Pengukuran kinerja supply chain ini sendiri sangat bermanfaat bagi perusahaan sebagai sarana untuk memuaskan konsumen dengan pengiriman barang yang tepat waktu. Dengan adanya permasalahan diatas, penggunaan metode Supply Chain Operation Reference (SCOR) pada perusahaan Kerupuk Cap Indra Sari bertujuan untuk melakukan suatu pengkuran kinerja aktivitas rantai pasok yang ada pada perusahaan tersebut, untuk selanjutnya hasil dari penelitian ini bisa dijadikan analisis dan sarana untuk perbaikan yang akan datang. Kinerja rantai pasok di Perusahaan Kerupuk Cap Indra Sari, menunjukan nilai rantai pasoknya sebesar 71,48 dari range 100. Dimana angka tersebut menunjukan perusahaan tersebut berada dalam posisi baik dalam menjalankan proses produksi, proses pengiriman, dan proses return, tapi perusahaannya masih kurang bagus proses pengadaan dan proses perencanaan atau proses peramalannya. Dari 40 matrik kinerja yang ada dalam penelitian ini, terdapat 15 metrik kinerja yang menunjukkan nilai kurang memuaskan, satu metrik kinerja yang menunjukkan nilai yang cukup atau marjinal dan 24 metrik kinerja yang menunjukan nilai memuaskan. Selain itu terdapat juga usulan perbaikan yang dilakukan dalam mengatasi masalah setiap proses bisnisnya pada Perusahaan Kerupuk Cap Indra Sari. Kata Kunci : Kerupuk, SCOR, Matrik Kinerja, Supply Chain.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 08 Apr 2023 04:27
Last Modified: 08 Apr 2023 04:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63043

Actions (login required)

View Item View Item