ANALISIS PENGURANGAN PRODUK CACAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FMEA FAILURE MODE and EFFECT ANALYSIS (STUDI KASUS : PT. SUNRISE ABADI)

ALVIN, GIDEON MANURUNG and Wahyu Katon, DS (2023) ANALISIS PENGURANGAN PRODUK CACAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FMEA FAILURE MODE and EFFECT ANALYSIS (STUDI KASUS : PT. SUNRISE ABADI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Alvin Gideon Manurung_183010041_Teknik Industri.pdf

Download (265kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Salah satu perusahaan dengan cakupan jasa peyediaan spare part dan rekayasa mesin produksi atau kontraktor, Pt Sunrise Abadi yang sudah berdiri sejak 1999. Pt Sunrise Abadi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur jasa penyediaan spare part dan rekayasa mesin. Pt Sunrise Abadi merupakan perusahaan yang juga menerapkan sistem make to order. Akan tetapi didalam proses produksinya menggunakan mesin hobbing ini banyak mengalami kendala sehingga produk gear yang dihasilkan dari mesin hobbing tersebut banyak yang mengalami kecacatan. Dari hasil observasi secara langsung ke perusahaan, didapatkan bahwa jenis cacat dari produk gear yang dihasilkan mesin hobbing di PT. Sunrise Abadi terdapat beberapa jenis cacat produk yaitu gear patah, ukuran diameter gear tidak sesuai dan kemiringan gear tidak sesuai spesifikasi. oleh karena itu penelitian yang dilakukan bertujuan untuk dapat mengidentifikasi kegagalan yang terjadi di mesin gear hobbing, selain itu penelitian dilakukan untuk dapat mendapatkan tindakan untuk dapat mengatasi kegagalan tersebut sehingga dapat meminimasi produk defect. Dalam penelitian ini juga digunakannya metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Dari hasil pengedentifikasian didapatkan bahwa penyebab kegagalan produk gear di PT. Sunrise ialah pada proses gear generating yaitu terjadi pada mesin hobbing gear dengan jumlah kegagalan proses produksi sebesar 110 unit produk yang jenis kegagalan produknya antara lain seperti gear memiliki diameter tidak sesuai dan gear memiliki kemiringan yang tidak sesuai dan didapatkan bahwa jenis produk gagal terbesar di PT. Sunrise Abadi sendiri adalah kegagalan produk gear yang memiliki kemiringan tidak sesuai spesifikasi yang ada, dengan kegagalan produk sebesar 88 unit. Kata Kunci : Kualitas, Produksi, Kegagalan, Failure Mode and Effect Analysis, PT. Sunrise Abadi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 08 Apr 2023 04:23
Last Modified: 10 Apr 2023 04:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63042

Actions (login required)

View Item View Item