PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM SEBELUM DAN MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Empiris pada Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Lya Amelya Kurniawati, 194010001 and Dr. Hj. Ellen Rusliati, SE.,MSIE, Pembimbing (2023) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM SEBELUM DAN MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Empiris pada Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021). Skripsi(S1) thesis, Unuversitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi bahwa semakin banyaknya perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang memiliki kinerja keuangan yang buruk. Sub sektor perbankan menjadi sektor yang paling buruk dibandingkan sektor lainnya. Di sektor perbankan yang ditunjukkan dengan return saham yang semakin menurun dan rasio keuangan yang cenderung menurun selama kurun waktu 4 tahun. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis kondisi Kinerja Keuangan dan Return Saham, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Risk Profile, Good Corporate Governance. Earnings, dan Capital terhadap Return Saham. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 perbankan dalam periode 4 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan kriteria tertentu. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Risk Profile, Good Corporate Governance. Earnings, dan Capital terhadap Return Saham sebelum dan masa pandemi COVID-19 secara simultan sebesar 68,8% dan sisanya 31,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Secara parsial besarnya pengaruh Risk Profile sebesar 36,8%, Good Corporate Governance sebesar 2,63%, Earnings sebesar 29,42%, dan Capital sebesar 0,023%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan masa pandemi COVID-19 pada perbankan yang diukur dengan NPL, GCG, ROA, CAR dan juga Return Sahamnya. Kata kunci: Kinerja Keuangan, Risk Profile, GCG, Earnings, Capital, Return Saham

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2019
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 07 Apr 2023 09:23
Last Modified: 07 Apr 2023 09:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63024

Actions (login required)

View Item View Item