ANALISIS KADAR KARBON MONOKSIDA (CO) DI UDARA AMBIEN AKIBAT AKTIVITAS KENDARAAN BERMOTOR DI TERMINAL CIKARANG KABUPATEN BEKASI

Nabilla, Nurhafia and Astri W. Hasbiah, ds and Yonik Meilawati Yustiani, Ds (2023) ANALISIS KADAR KARBON MONOKSIDA (CO) DI UDARA AMBIEN AKIBAT AKTIVITAS KENDARAAN BERMOTOR DI TERMINAL CIKARANG KABUPATEN BEKASI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nabilla Nurhafia_173050010_Teknik Lingkungan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Karbon monoksida (CO) merupakan pencemar udara yang sering ditemukan salah satunya pada area Terminal. Terminal merupakan tempat berkumpulnya kendaraan bermotor yang digunakan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang sehingga di area tersebut terdapat peningkatan konsentrasi CO. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan perhitungan regresi pada Ms. Excel pengukuran langsung konsentrasi karbon monoksida (CO) dan temperatur udara dengan menggunakan alat CO analyzer, serta menghitung jumlah kepadatan volume kendaraan bermotor secara manual. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan nilai konsentrasi CO tertinggi di Terminal Cikarang sebesar 16.000 μg/m³ dan nilai konsentrasi tersebut melebihi nilai baku mutu yang telah ditetapkan pada Peraturan Pemerintah No 22 Tahun 2021 pada lampiran VII yaitu sebesar 10.000 μg/m³ serta untuk nilai korelasi yang didapat pada variabel jumlah kendaraan bermotor terhadap konsentrasi CO didapatkan hasil 0,518 yang berarti cukup berpengaruh dan nilai signifikasinya sebesar 0,481 yang memiliki arti tidak berpengaruh dan untuk nilai korelasi variabel temperatur udara terhadap konsentrasi CO didapatkan hasil 0,975 yang berarti sangat berpengaruh terhadap konsentrasi CO di Terminal Cikarang dan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,024 yang berarti berpengaruh antara temperatur udara dengan konsentrasi CO. Kata Kunci : Konsentrasi karbon monoksida (CO), CO Meter, Terminal, Kendaraan Bermotor.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:17
Last Modified: 06 Apr 2023 04:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62991

Actions (login required)

View Item View Item