UPAYA MEWUJUDKAN PUTUSAN HAKIM PERADILAN TATA USAHA NEGARA YANG EKSEKUTORIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPATUHAN BADAN/PEJABAT TATA USAHA NEGARA

Muhammad, NPM. 209030019 (Hukum Tata Negara) (2023) UPAYA MEWUJUDKAN PUTUSAN HAKIM PERADILAN TATA USAHA NEGARA YANG EKSEKUTORIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPATUHAN BADAN/PEJABAT TATA USAHA NEGARA. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Muhammad_dih.doc

Download (691kB)

Abstract

Penyelesaian sengketa administrasi pemerintahan melalui PTUN dianggap “telah ideal” ditandai dengan telah dilakukan perubahan sebanyak dua terhadap UU PTUN, termasuk dengan dimasukan sanksi berupa upaya paksa (dwangsom) dan/atau sanksi administratif bagi badan/pejabat TUN yang tidak mau melaksanakan putusan hakim. Namun kenyataannya di lapangan, banyak putusan hakim PTUN yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde) tidak bersifat eksekutorial. Tidak dijalnkannya putusan hakim PTUN tersebut karena alasan yang mendasar, yaitu putusan hakim PTUN hanya bersifat sukarela, sehingga mengakibatkan terjadinya ketidakpatuhan Badan/Pejabat TUN dalam proses eksekusi putusan. Upaya yang dapat ditempuh untuk mewujudkan putusan hakim PTUN yang eksekutorial agar dipatuhi oleh Badan/Pejabat TUN diantaranya: a) Optimalisasi penggunaan instrumen Hukum Administrasi, baik itu penggunaan upaya paksa berupa pembayaran uang paksa (dwangsom) dan/atau sanksi administratif, maupun peranan pejabat atasan (Presiden) atau lembaga perwakilan rakyat dalam mewujudkan putusan PTUN yang eksekutorial. b) Penggunaan instrumen hukum pidana sebagai hasil transplantasi hukum merupakan upaya terakhir (ultimum remedium) apabila penggunaan instrumen hukum administrasi tidak dilaksanakan oleh Badan/Pejabat TUN dalam melaksanakan putusan PTUN. Hal tersebut dilakukan agar terwujudnya suatu keadilan dan kepastian hukum dalam penanganan perkara TUN di Indonesia serta untuk menghindari ketidakpercayaan masyararakat (distrust) kepada PTUN. Kata Kunci: Putusan, Eksekutorial, Kepatuhan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Hukum 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:44
Last Modified: 05 Apr 2023 07:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62976

Actions (login required)

View Item View Item