Fisher, Dahlia (2023) Enhancing Junior High School Students' Mathematical Critical Thinking Ability Through the Discovery Learning Model Assisted with Learning Videos. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 6 (1). pp. 47-58. ISSN 2614-5111
|
Text
13. Turnitin_Enhancing Junior.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
13_Artikel_Enhancing Junior.pdf Download (525kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat diperlukan pada pembelajaran abad 21. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terutama dalam pembelajaran matematika adalah model Discovery Learning. Penggunaan media video dalam pembelajaran dapat memotivasi dan membantu siswa untuk belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Nasional Bandung kelas VII, sampel dipilih dengan teknik sampling purposive. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi dari siswa yang memperoleh model konvensional. Kata Kunci: kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Discovery Learning, Video Pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 06:17 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 06:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62974 |
Actions (login required)
View Item |