Enhancing Junior High School Students' Mathematical Critical Thinking Ability Through the Discovery Learning Model Assisted with Learning Videos

Fisher, Dahlia (2023) Enhancing Junior High School Students' Mathematical Critical Thinking Ability Through the Discovery Learning Model Assisted with Learning Videos. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 6 (1). pp. 47-58. ISSN 2614-5111

[img]
Preview
Text
13. Turnitin_Enhancing Junior.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13_Artikel_Enhancing Junior.pdf

Download (525kB) | Preview
Official URL: https://indomath.org/index.php/indomath

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat diperlukan pada pembelajaran abad 21. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terutama dalam pembelajaran matematika adalah model Discovery Learning. Penggunaan media video dalam pembelajaran dapat memotivasi dan membantu siswa untuk belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Nasional Bandung kelas VII, sampel dipilih dengan teknik sampling purposive. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi dari siswa yang memperoleh model konvensional. Kata Kunci: kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Discovery Learning, Video Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:17
Last Modified: 05 Apr 2023 06:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62974

Actions (login required)

View Item View Item