Pendekatan Saintifik Berbasis E-learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis & Self-confidence

Fisher, Dahlia and Yaniawati, R. Poppy and Supianti, In in and Mariani, Mira (2019) Pendekatan Saintifik Berbasis E-learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis & Self-confidence. Jurnal Analisa, 5 (2). pp. 137-151. ISSN 2549-5143

[img]
Preview
Text
3_Artikel_Pendekatan Saintifik.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Pendekatan Saintifik.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/ind...

Abstract

Pendekatan Saintifik berbasis e-learning dapatmeningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-confidence Siswa. Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence merupakan aspek penting yang perlu dikuasai siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Resources-Based Learning dengan pendekatan Scientific menggunakan media e-learning adalah sebuah metode pembelajaran inovatif yang memungkinkan siswa untuk dapat melaksanakan pembelajaran berbasis aneka sumber melalui kerangka ilmiah yang didukung dengan media interaktif berbasis teknologi informasi. Penelitian ini mengungkapkan pengaruh metode Resources-Based Learning dengan pendekatan Scientific menggunakan media e-learning terhadap peningkatan Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 2 dari 3 kelas yang sudah terbentuk.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket yang dianalisis dengan statistik anova satu jalur. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa yang pembelajarannya melalui Resources-Based Learning dengan pendekatan Scientific menggunakan media e-learning lebih baik dibandingkan melalui Resources-Based Learning tanpa menggunakan media e-learning dan pembelajaran konvensional, dimana terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan self-confidence. Kata kunci: Resources-Based Learning, Pendekatan Scientific, e-learning, kemampuan berpikir kreatif matematis, self-confidence

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:41
Last Modified: 05 Apr 2023 04:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62958

Actions (login required)

View Item View Item