SINTESIS Fe-Ti YANG DIDOPING Al UNTUK BIO MATERIAL IMPLANT BONE PLATE (Synthesis Of Al-Doped Fe-Ti For Bio Material Implant Bone Plate)

Asep Asikin, Muki Satya Permana, Dr. Ir. Djoko Hadi Prajitno, MS, NPM. 208070020 (2023) SINTESIS Fe-Ti YANG DIDOPING Al UNTUK BIO MATERIAL IMPLANT BONE PLATE (Synthesis Of Al-Doped Fe-Ti For Bio Material Implant Bone Plate). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Artikel Asep Aikin, 208070020.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mempelajari pengaruh doping unsur Ti terhadap paduan bioinert Fe-30Al dengan metode pengujian Simulated Body Fluid terhadap laju korosi pada logam panduan Fe-Al-Ti, pengujian metalografi, pengujian kekerasan mikro, pengujian X-Ray Diffractometer (XRD), Pengamatan SEM (Scanning Electron Microscope) dan EDX ( Energy Dispersive X-Ray) sebagai bahan biomaterial implant pada pelat tulang. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa pembuatan material paduan Fe-Al-Ti dengan matriks based material Fe, penambahan unsur Titanium terhadap nilai kekerasan logam paduan Fe-Al-Ti, penambahan unsur Titanium terhadap struktur mikro pada logam paduan Fe-Al-Ti, pengaruh larutan Simulated Body Fluid (SBF) Ringer Laktat terhadap laju korosi pada logam paduan Fe-Al-Ti. Hasil pengamatan struktur mikro menunjukkan bahwa senyawa yang terbentuk pada paduan Fe-30-xTi (x= 0, 1, 3 dan 5 %wt) adalah sneyawa intermetalik yang terdiri dari αFe, FeAl dan Fe2Ti. Matriks sebaran Ti pada butir dan batas butir stabil pada penambahan Ti 1%dan Ti 3% sedangkan pada penambahan Ti 5% sebaran Ti terjadi pada batas butir. Hasil data peleburan menggunakan Single Arc Melting Furnace, paduan Fe-30Al memiliki nilai kekerasan rata-rata 490 HV. Paduan Fe-30Al-1Ti memiliki nilai kekerasan rata-rata 577 HV, paduan Fe-30Al-3Ti memiliki nilai kekerasan rata-rata 600 HV dan Paduan Fe-30Al-5Ti memiliki kekerasan rata-rata 610 HV. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa paduan Fe-30Al-xTi (x= 0, 1, 3 dan 5 %wt) akan meningkat biokompatibelnya dengan meningkatnya ketahanan korosi dalam media ringer laktat bila paduan Alumunium Iron yang di doping dengan Ti dengan jumlah yang lebih besar. Hal tersebut terjadi dikarenakan penambahan Ti pada paduan titanium Fe-30Al dapat meningkatkan ketahanan korosi yang disebabkan terjadinya pelapisan permukaan (film) TiO2.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Mesin 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:16
Last Modified: 06 Apr 2023 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62952

Actions (login required)

View Item View Item