PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN PASANGGRAHAN KABUPATEN BANDUNG

SURATMADJA, FIRDAUS HIDAYATULLOH DARMAN, 185060035 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN PASANGGRAHAN KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendidikan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Berbagai pembaruan telah dilaksanakan guna meningkatkan kualitas serta kuantitas pendidikan. Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA tentunya menjadi masalah didalam proses belajar mengajar. Mata pelajaran IPA adalah mata pelajaran yang memiliki materi luas dan sistematis serta mengunakan istilah asing. Istilah asing yang ada pada materi siklus air menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk dapat memberikan pemahaman terhadap siswanya terkait meteri tersebut. Agar bisa meningkatkan proses pembelajaran, guru dituntut untuk membuat pembelajaran lebih keratif serta inovatif yang mendorong siswanya bisa belajar mandiri maupun mengikuti pembelajaran di kelas. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan pendekatan penelitian pengembangan yang disesuaikan rumusan masalah dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang dibatasi sampai 6 tahap yaitu; 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan produk, 4) Validasi produk, 5) Revisi produk, dan 6) Uji coba produk. Teknik data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitian ini berupa validasi media serta angket responden. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis serta dikembangkan menjadi produk media pembelajaran dengan mengelola data dari sumber, kemudian menghitung hasil dan menarik kesimpulan. Berdasar pada hasil penelitian data diperoleh bahwa media pembelajaran Articulate Stroyline 3 yang divalidasi oleh dosen ahli media memperoleh nilai presentase akhir sebesar 88% masuk pada kategori sangat layak, dan divalidasi ahli materi dengan nilai presentase akhir sebesar 92% juga masuk pada kategori sangat layak, kemudian berdasakan respon siswa diperoleh nilai 81,23 % masuk pada kategori sangat menarik. Pada saat diujicobakan diperoleh hasil pretest dan posttest nilai rata – rata siswa 40 sebelum menggunakan media, dan 70 setelah menggunakan media. Berdasar KKM 75 diperoleh presentase sebesar 82,35 % dari total jumlah siswa yang mampu mencapai batas KKM. Maka dengan ini dapat disimpulkan media pembelajaran Articulate Stroyline 3 layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Articulate Storyline 3

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:41
Last Modified: 04 Apr 2023 08:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62943

Actions (login required)

View Item View Item