PENGARUH JENIS BAHAN PENGISI DAN KONSENTRASI LABU SIAM (Sechium edule) TERHADAP KARAKTERISTIK SOSIS IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis)

Desi, Ratna Komala and Sumartini, DS and jaka Rukmana, ds (2023) PENGARUH JENIS BAHAN PENGISI DAN KONSENTRASI LABU SIAM (Sechium edule) TERHADAP KARAKTERISTIK SOSIS IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Desi Ratna Komala_173020112_Teknologi Pangan.pdf

Download (550kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan negara yang memiliki bahan baku lokal yang melimpah tetapi pemanfaatannya masih belum maksimal seperti ikan tongkol dan labu siam. Salah satu upaya pemanfaatan bahan baku lokal ini yaitu dengan dilakukannya diversifikasi pangan pada ikan tongkol yang dapat dijadikan produk sosis, dan penambahan bahan lainnya untuk karakterisitik makanan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikarakteristik sosis ikan tongkol dengan jenis bahan pengisi dan penambahan labu siam. Rancangan percobaan dalam penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAK) dengan 2 faktor yaitu jenis bahan pengisi (tapioka dan maizena) dan konsentrasi labu siam 8%, 10% dan 12%. Data diolah secara statistik dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian dengan bahan pengisi dan konsentrasi labu siam , berpengaruh terhadap karakteristik kimia (kadar air, protein dan kalsium) dan organoleptic uji hedonik (warna, rasa dan tekstur), tetapi tidak berpengaruh terhadap atribut aroma. Kata Kunci : Sosis, Ikan Tongkol, Labu Siam, Tapioka, Maizena

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 04 Apr 2023 05:48
Last Modified: 04 Apr 2023 05:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62936

Actions (login required)

View Item View Item