PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL PADA OPERATOR STAMPING MENGGUNAKAN METODE NASA – TLX (STUDI KASUS : PT. Autocar Industri Komponen (AIK) )

Muhammad Alief, Ramadhan and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS (2023) PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL PADA OPERATOR STAMPING MENGGUNAKAN METODE NASA – TLX (STUDI KASUS : PT. Autocar Industri Komponen (AIK) ). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR_MUHAMMAD ALIEF RAMADHAN_183010006.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pengukuran beban kerja mental merupakan salah satu pengukuran yang diukur untuk mengidentifikasi para pekerja merasa tertekan atau merasa stress di dalam pekerjaannya. Beban kerja pada mental ini menjadi permasalah bagi perusahaan manufaktur, maka perusahaan harus mengetahui dan mengidentifikasi kesehatan dan keselamatan kerja para pekerja agar pekerja tidak terkena beban kerja pada mental. PT. Autocar Industri Komponen adalah perusahaan yang bergerak di bidang percetakan body komponen dan pintu mobil, sistem produksi pada perusahaan PT. Autocar Industri Komponen adalah Make To Order. Dalam penggunaan mesin stamping para pekerja melakukan pekerjaanya secara berkelompok, sehingga memerlukan konsentrasi pada setiap orangnya dan harus berkomunikasi baik dengan rekan kerja lainnya. Pada pemecahan masalah ini menggunakan metode NASA – TLX sebagai proses mengidentifikasi para pekerja apakah terkena beban kerja mental apakah tidak, karena NASA – TLX merupakan metode yang komplek. Hasil dari penelitian ini yang menggunakan metode NASA – TLX adalah mengetahui bobot level mental para pekerja, sehingga para pekerja akan merasa nyaman dan tidak tertekan. Kata Kunci : Pengukuran Kerja, Beban Mental, Beban Kerja Mental, NASA – TLX, Make To Order.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 03 Apr 2023 06:47
Last Modified: 03 Apr 2023 06:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62919

Actions (login required)

View Item View Item