STUDI META-ANALISIS PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

WAHYUDI, NPM. 198060003 (2023) STUDI META-ANALISIS PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
WAHYUDI_MPM.docx

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengaruh problem-based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis terhadap 37 artikel hasil penelitian ilmiah yang memenuhi kriteria inklusi. 24 artikel meneliti tentang pengaruh problem-based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan 13 artikel meneliti tentang pengaruh problem-based learning terhadap kemandirian belajar. Instrumen yang digunakan adalah dalam bentuk pengkodean (coding). Analisis data dilakukan dengan bantuan Microsoft Excel. Penelitian meta-analisis ini menunjukkan bahwa pengaruh penerapan problem-based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis secara keseluruhan memperoleh effect size sebesar 0,909 dengan kategori efek besar; ditinjau berdasarkan jenjang sekolah diperoleh hasil bahwa pengaruh tertinggi didapatkan pada jenjang SMA dan sederajat yang memperoleh effect size sebesar 0,931 dengan kategori efek besar, sedangkan untuk jenjang SMP dan sederajat memperoleh effect size sebesar 0,884 dengan kategori efek besar; sedangkan ditinjau berdasarkan ukuran sampel diperoleh hasil bahwa pengaruh tertinggi didapat pada kelas ukuran sampel ≤ 30 yang memperoleh effect size sebesar 0,995 dengan kategori efek besar, sedangkan untuk kelas dengan ukuran sampel ˃ 30 memperoleh effect size sebesar 0,881 dengan kategori efek besar. Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa pengaruh penerapan problem-based learning terhadap kemandirian belajar secara keseluruhan memperoleh effect size sebesar 0,549 dengan kategori efek sedang; ditinjau berdasarkan jenjang sekolah diperoleh hasil bahwa pengaruh tertinggi didapatkan pada jenjang SMP dan sederajat yang memperoleh effect size sebesar 0,661 dengan kategori efek sedang, sedangkan untuk jenjang SMA dan sederajat memperoleh effect size sebesar 0,454 dengan kategori efek kecil; ditinjau berdasarkan ukuran sampel diperoleh hasil bahwa pengaruh tertinggi didapat pada kelas ukuran sampel ≤ 30 yang memperoleh effect size sebesar 0,800 dengan kategori efek besar, sedangkan untuk kelas dengan ukuran sampel ˃ 30 memperoleh effect size sebesar 0,334 dengan kategori efek kecil. Kata kunci: Meta-analisis, Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar, Problem-based Learning, Effect Size.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Apr 2023 03:18
Last Modified: 01 Apr 2023 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62893

Actions (login required)

View Item View Item