PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PENGELOLAAN KONTRAKAN BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KONTRAKAN PELANGI SUBANG)

Michael, Herda Setiawan and Caca Emile Supriana, DS (2023) PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PENGELOLAAN KONTRAKAN BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KONTRAKAN PELANGI SUBANG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Michael Herda Setiawan_173040005_Teknik Informatika.pdf

Download (657kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kontrakan merupakan bisnis yang menjanjikan saat ini, terlebih lagi pada lingkungan yang padat seperti pada lingkungan para pekerja dan siswa ataupun mahasiswa, oleh karena itu beberapa orang yang memiliki aset berlebih seperti rumah ataupun tanah kosong yang diubah menjadi bangunan siap huni memilih untuk disewakan kepada orang yang membutuhkan tempat tinggal sementara. Kadangkala informasi terkait rumah sewa atau kontrakan sedikit susah didapatkan, kita harus mendatangi lokasi tertentu untuk mendapatkan informasi terkait rumah sewa atau kontrakan, oleh karena itu perlu dukungan teknologi informasi yang dapat menyajikan informasi terkait rumah sewa atau kontrakan tanpa harus mendatangi lokasi tertentu, informasi yang didapat pun lebih cepat dan ringkas dan dapat dilihat melalui media informasi seperti Telepon Pintar. Penelitian ini berfokus untuk perancangan user experience pada aplikasi pengelolaan kontrakan pelangi menggunakan metode design thinking. user experience yaitu bagaimana perasaan orang ketika mereka menggunakan produk atau layanan, Design thinking adalah proses dengan sifat berulang yang dilakukan untuk memahami pengguna, menantang asumsi, dan mengkaji ulang permasalahan yang ada untuk mencari strategi alternatif dan mendapatkan solusi. Langkah – langkah yang digunakan antara lain Empathize (Berempati), Define (Pemahaman), Ideate (Pembentukan pengertian), Prototype (Prototipe), dan Test (Pengujian). Terlepas dari itu semua, perangkat lunak yang dibangun pun harus memiliki kriteria pada segi tampilan dan fitur agar mudah dan nyaman digunakan bagi pengguna yang akan mencari sebuah rumah sewa atau kontrakan nantinya. Hasil dari penelitian tugas akhir ini berupa rancangan tampilan aplikasi pengelolaan kontrakan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi jika nantinya aplikasi ini akan di implementasikan ke dalam sebuah perangkat lunak. Keyword: Aplikasi Kontrakan, Kontrakan, User Experience. Design Thinking

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 01 Apr 2023 03:07
Last Modified: 01 Apr 2023 03:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62890

Actions (login required)

View Item View Item