KAJIAN VIKTIMOLOGI TERHADAP PENJATUHAN PIDANA DALAM PUTUSAN PENGADILAN NEGERI NOMOR : 140/PID.SUS//2020/PN.KPG TENTANG TINDAK PIDANA KESUSILAAN TERHADAP ANAK

Nelda Silvia Yulistiana, 181000441 (2023) KAJIAN VIKTIMOLOGI TERHADAP PENJATUHAN PIDANA DALAM PUTUSAN PENGADILAN NEGERI NOMOR : 140/PID.SUS//2020/PN.KPG TENTANG TINDAK PIDANA KESUSILAAN TERHADAP ANAK. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB II.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
H. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
I. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
J. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
K. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
L. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Amandemen ketiga Undang-undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945 dengan jelas menjelaskan bahwasanya Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara hukum. Negara hukum menghendaki agar hukum senantiasa harus ditegakkan, dihormati dan ditaati oleh siapapun juga tanpa ada pengecualian. Hal ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, kesejahteraan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dalam upaya mewujudkan penegakan supremasi hukum di Indonesia, diperlukan produk hukum dalam hal ini undang-undang yang berfungsi sebagai pengatur segala tindakan masyarakat sekaligus sebagai alat paksa kepada masyarakat. Setiap orang memiliki hak guna mendapatkan adanya pengakuan, pemberian jaminan, pemberian perlindungan beserta adanya kepastian hukum yang adil dan mendapatkan persamaan perlakuan di muka hukum. Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan hakhak yang melekat pada manusia yang mencerminkan martabatnya, yang harus memperoleh jaminan hukum, sebab hak-hak hanya dapat efektif apabila hak-hak itu dapat dilindungi hukum. Hukum pada dasarnya merupakan pencerminan dari HAM, sehingga hukum itu mengandung keadilan atau tidak, ditentukan oleh HAM yang dikandung dan diatur atau dijamin oleh hukum itu. Hukum tidak lagi dilihat sebagai refleksi kekuasaan sematamata, tetapi juga harus memancarkan perlindungan terhadap hak-hak warga Negara. Alat analisis yang akan digunakan oleh Peneliti dalam penyelesaikan Studi Kasus ini adalah Kontruksi Hukum, Penafsiran Gramatikal, Penafsiran Sistematis dan Teori Viktimologi.Penelitan ini melakukan wawancara dan membandingkan dengan penelitian yang sudah ada. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kasus berfokus pada KUHP yang menyebutkan seseorang dinyatakan bersalah menurut pasal 82 ayat ayat (1) UU No.17 Tahun 2016 Jo Undang-undang No. 35 tahun 2014 Perubahan atas Undang- Undang No 23 tahun 2002 tentang perlindungan Anak Jo Pasal 55 ayat (1) tanpa dilihat dari sudut pandang UU Pelindungan anak. Kata Kunci: Hak Asasi Manusia, Kontruksi Hukum, Teori Viktimologi, Perlindungan Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 01 Apr 2023 03:00
Last Modified: 01 Apr 2023 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62889

Actions (login required)

View Item View Item