KONTRIBUSI UNITED NATIONS INTERNATIONAL CHILDREN’S EMERGENCY FUND (UNICEF) DALAM MEMBANTU PEMERINTAH MENANGGULANGI CHILD TRAFFICKING DI PERBATASAN INDONESIA (BATAM-SINGAPURA) PERIODE 2018-2022

Yuliani, Annisa Safitri (2023) KONTRIBUSI UNITED NATIONS INTERNATIONAL CHILDREN’S EMERGENCY FUND (UNICEF) DALAM MEMBANTU PEMERINTAH MENANGGULANGI CHILD TRAFFICKING DI PERBATASAN INDONESIA (BATAM-SINGAPURA) PERIODE 2018-2022. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 .pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Kegiatan perdagangan manusia telah lama terjadi di hampir seluruh bagian dunia, Perdagangan Anak (Child Trafficking) adalah bagian dari perdagangan manusia yang menjadi salah satu isu global yang sangat penting karena isu tersebut merupakan kejahatan yang selama ini menjadi permasalahan serius bagi dunia Internasional terutama yang sifatnya Transnasional karena dalam kejahatan tersebut melibatkan beberapa Negara. Salah satunya perdagangan anak yang terjadi di Indonesia. Di Negara Indonesia banyak anak yang menjadi korban kejahatan Child Trafficking Transnational karena perdagangan tersebut biasanya dilakukan di daerah perbatasan negara dan dikirim ke berbagai negara penerima contohnya seperti Malaysia dan Singapura. Tingginya tingkat kasus perdagangan anak di Indonesia membutuhkan penanganan yang cepat dan cukup serius dari berbagai pihak, termasuk UNICEF. Maka dari itu tujuan dari penelitian berjudul “Peran UNICEF dalam membantu pemerintah menanggulangi Child Trafficking di Indonesia” ini untuk lebih mengetahui tentang peran UNICEF dalam membantu menanggulangi kejahatan Child Trafficking yang terjadi di Indonesia dan juga faktor kendala yang mempengaruhi perdagangan anak di Indonesia masih tinggi. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan paradigma Securityzation, paradigma securityzation dalam hubungan internasional dan politik nasional adalah proses dimana negara sebagai aktor menjadi subjek dalam membentuk isu politik menjadi hal yang menyangkut kedalam keamanan. Metode yang digunakan penulis untuk menyusun data dalam metode deskriptif analisis, yaitu metode penelitian yang dimana menggambarkan kejadian dan peristiwa berdasarkan fakta yang sudah ada dan bersumber dari sumber tertulis ataupun studi literatur. UNICEF bersama pemerintah Indonesia berupaya memerangi aksi perdagangan anak yang terjadi di Indonesia dengan program yang diberi nama National Plan of Action for the Elimination of Child Trafficking (NPA’s). UNICEF serta pemerintah Indonesia juga menyusun strategi serta kegiatan-kegiatan yang berguna untuk menanggulangi masalah perdagangan anak serta perempuan di Indonesia, strategi tersebut di antaranya adalah perlindungan dan bimbingan psikologis, memberikan layanan kesehatan dan perawatan, meningkatkan akses dan kualitas pendidikan nasional, melakukan home visiting, serta mengadakan layanan shelter. Kata Kunci: Perdagangan anak, Kejahatan Transnasional, UNICEF.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:17
Last Modified: 31 Mar 2023 02:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62864

Actions (login required)

View Item View Item