PENEGAKAN HUKUM TATA TERTIB LAPAS TERHADAP KASUS PENYELUNDUPAN NARKOTIKA DALAM PERSPEKTIF KRIMINOLOGI (Di Lapas Narkotika Kelas I A Bandung)

Intan Amelia, 181000046 (2023) PENEGAKAN HUKUM TATA TERTIB LAPAS TERHADAP KASUS PENYELUNDUPAN NARKOTIKA DALAM PERSPEKTIF KRIMINOLOGI (Di Lapas Narkotika Kelas I A Bandung). Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB 1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB 2.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
H. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
I. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
J. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Banyaknya kasus penyelundupan narkotika pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika yang merupakan tempat untuk membina para terpidana narkotika membuat penulis merasa tertarik untuk meneliti hal ini. Berdasarkan hal tersebut perlu dikaji pengaturan tata tertib lembaga pemasyarakatan untuk mengantisipasi penyelundupan narkotika, penerapan tata tertib lembaga pemasyarakatan narkotika bandung terhadap penyelundupan narkotika dalam perspektif kriminologi dan upaya lembaga pemasyarakatan untuk menanggulangi tindak pidana penyelundupan narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika. Metode penelitian yang di gunakan yaitu terdiri dari spesifikasi penelitian deskriptif analitis, metode pendekatan yuridis dan kriminologis, tahap penelitian kepustakaan dan lapangan, teknik pengumpulan data berupa studi Pustaka, wawancara dan observasi selama penulis magang di Lapas serta metode analisis yuridis kualitatif. Berdasarkan penelitian di ketahui bahwa peraturan tata tertib Lapas dalam mengantisipasi penyelundupan narkotika mengacu pada Permenkumham Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata tertib Lembaga Pemasyarakatan Dan Rumah Tahanan Negara Serta Penindakan Khusus Bagi Penunjung Yang Terbukti Melakukan Kunjungan. Penerapan tata tertib Lapas terhadap penyelundupan narkotika mengalami kendala yang dalam perspektif kriminologi kendala tersebut disebabkan faktor: mekanisme daya tampung penghuni lapas yang over kapasitas dan penempatan narapidana yang dicampur; tata tertib penggeledahan pengunjung yang masih belum maksimal; dan tata tertib penggeledahan kamar yang masih belum maksimal. Upaya lapas menanggulangi tindak pidana penyelundupan narkotika yaitu dengan melakukan reaksi cepat dan memperketat pengeledahan. Kata Kunci: Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan Nakotika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:55
Last Modified: 30 Mar 2023 03:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62842

Actions (login required)

View Item View Item