Syifa Nurani Rahm (2023) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL BAGI ORANG TUA UNTUK MEMPERKENALKAN BAHASA SUNDA PADA ANAK SEJAK DINI DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.
Text
2. B. BAGIAN AWAL (ABSTRAK-DAFTAR ISI).docx Download (29kB) |
|
Text
1. COVER SAMPUL.docx Download (34kB) |
|
Text
2. A. BAGIAN AWAL (PERNYATAAN).docx Download (51kB) |
|
Text
3. BAB I (PENDAHULUAN).docx Download (178kB) |
|
Text
4. BAB II (LANDASAN TEORI).docx Download (810kB) |
|
Text
5. BAB III (ANALISIS DATA).docx Download (1MB) |
|
Text
6. BAB IV (PERANCANGAN).docx Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
7. BAB V (PENUTUP-DAFTAR PUSTAKA).docx Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
Abstract
Bahasa Sunda merupakan salah satu warisan budaya masyarakat Jawa Barat yang harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Namun sayangnya saat ini jumlah penutur Bahasa Sunda kian menurun khususnya di wilayah kota Bandung. Bahasa Sunda sudah tidak lagi digunakan sebagai bahasa sehari-hari di lingkungan keluarga. Bahasa Sunda sebagai bahasa ibu kini sudah mulai tergantikan oleh Bahasa Indonesia bahkan Bahasa Asing. Kemudian, Bahasa Sunda sendiri memiliki tingkatan bahasa atau yang disebut dengan Undak Usuk Basa, hal tersebut membuat banyak diantaranya orang tua yang merasakan kekhawatiran akan takut salah ketika mengenalkan atau menerapkan Bahasa Sunda pada anaknya. Selain itu, adanya akulturasi budaya pun berpengaruh terhadap penurunan jumlah penutur bahasa Sunda ini. Maka dari itu diperlukan upaya perancangan kampanye sosial untuk menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran orang tua untuk berani menerapkan juga mengenalkan Bahasa Sunda kepada anaknya di lingkungan keluarga. Kemudian perlu adanya media pembelajaran sebagai media pendamping orang tua dalam mengenalkan Bahasa Sunda pada anak. Kampanye sosial ini dirancang menggunakan model komunikasi yang didalamnya meliputi tahapan pesan mulai dari tahapan informing atau pemberian informasi mengenai isu permasalahan Bahasa Sunda saat ini; lalu tahapan persuading atau mengajak target untuk menggunakan bahasa sunda pada anak; kemudian tahapan yang terakhir yaitu reminding atau mengingatkan lagi target agar tetap menggunakan Bahasa Sunda pada anaknya dalam kehidupan sehari-hari. Pesan kampanye tersebut disampaikan melalui perancangan desain yang nantinya diaplikasikan pada beberapa media yang mudah dijangkau oleh target, sehingga pesan kampanye tersebut bisa diterima dengan baik. Kata kunci: Kampanye Sosial, Bahasa Sunda, Keluarga
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2021 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 03:56 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 03:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62841 |
Actions (login required)
View Item |