PENGARUH ORGANIZATIONAL LEARNING TERHADAP KUALITAS ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM DAN DAMPAKNYA TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE (Studi Pada Perusahaan BUMN Sektor Farmasi di Indonesia)

N Dian Mardiani Hendra, 154020222 and Ruslina Lisda, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2023) PENGARUH ORGANIZATIONAL LEARNING TERHADAP KUALITAS ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM DAN DAMPAKNYA TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE (Studi Pada Perusahaan BUMN Sektor Farmasi di Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran organisasi memiliki peran yang sangat penting dalam suatu organisasi, karena akan menunjukkan transfer informasi dan pengetahuan dalam organisasi yang bersangkutan, kemampuan transfer informasi dan pengetahuan tersebut difasilitasi oleh sebuah sistem yang tepat. Perusahaan yang melakukan pembelajaran dengan baik akan mampu mengaplikasikannya. Organisasi yang melakukan pembelajaran akan terus melakukan evaluasi terhadap berbagai kelemahan sistem yang digunakan dalam organisasi termasuk accounting information system sehingga akan mampu memberikan kinerja yang lebih baik bagi organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh organizational learning terhadap kualitas accounting information system dan dampaknya terhadap competitive advantage pada Perusahaan BUMN Sektor Farmasi di Indonesia. Sampel yang digunakan sebanyak 126 responden yaitu karyawanyang berhubungan dengan sistem informasi akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan verifikatif dengan studi empiris. Metode pengambilan data primer yang digunakan adalah metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur (path analysis) Hasil penelitian menunjukkan bahwa organizational learning pada Perusahaan BUMN Sektor Farmasi di Indonesia berada pada kriteria baik, sedangkan kualitas accounting information system berada pada kriteria sangat berkualitas dan competitive advantage berada pada kriteria unggul. Organizational learning berpengaruh terhadap kualitas accounting information system dengan kontribusi sebesar 40,0% kemudian kualitas accounting information system berpengaruh terhadap competitive advantage dengan kontribusi sebesar 73,5%, organizational learning berpengaruh terhadap competitive advantage dengan kontribusi sebesar 61,4%, organizational learning berpengaruh terhadap competitive advantage melalui kualitas accounting information system dengan kontribusi sebesar 54,2%. Kata Kunci : Organizational Learning, Kualitas Accounting Information System dan Competitive Advantage.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2015
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:17
Last Modified: 29 Mar 2023 03:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62804

Actions (login required)

View Item View Item