Cesya Fitranty, 161000348 (2023) KAJIAN YURIDIS TERHADAP KOMPENSASI ATAS PENAWARAN PELAKU USAHA PADA MENU MAKANAN DAN MINUMAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN SPESIFIKASI DAN LAYANAN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANGUNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
SKRIPSI FINAL CESYA 161000348.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Warunk Upnormal banyak memiliki timbul masalah diantaranya yaitu pertama, produk makanan dan minuman yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan layanan. Kedua kurangnya kejelasan informasi tehadap menu dan promosi yang di tawarkan kepada konsumen. Ketiga, penampilan atau penyajian makanan dan minuman yang tidak sesuai atau bisa dibilang kurang layak atau menarik untuk di terima oleh konsumen. Keempat, kurangnya kontrol kualitas makanan dan minuman sebelum disajikan ke konsumen. Sehingga timbul permasalahan lain adalah konsumen sudah merasa dirugikan. Tidak sedikit yang mempermasalahkan ganti rugi terhadap Warunk Upnormal karena mereka konsumen yang sudah dirugikan merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Warunk Upnormal. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif, yang menjelaskan atau memaparkan suatu yang konkret dengan meluas pada hasil analis. Pengumpulan data hasil penelitian berupa data primer dan sekunder yang di analisis menggunakan metode yuridis kualitatif. Penjelasan atau informasi sangat penting bagi konsumen dalam penyampaian suatu produk, sehingga pemakai tidak keliru penafsiran Terhadap barang tersebut. Pemberian penjelasan juga bisa berbentuk gambaran, petunjuk, dan juga instruksi. Suatu kewajiban dari pelaku usaha yaitu membagikan penjelasan dengan jelas, benar, dan sejujurnya pada keadaan dan garansi barang dan atau jasa juga dengan memberikan suatu deskripsi pemakaian, restorasi, dan perawatan dikarenakan pemberitahuan penjelasan tersebut juga hak dari konsumen, disebabkan kekurangan penjelasan memuaskan dari pengusaha merupakan jenis cacat informasi, akan rugi bagi pihak pemakai. Sebagaimana mestinya pelaku usaha Warunk Upnormal wajib memberikan kompensasi atau ganti rugi jika ada makanan dan minuman yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan layanan, itu sudah termasuk resiko dan tanggung jawab perusahaan untuk memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada konsumen. Jika Warunk Upnormal tidak memberikan kompensasi sebagaimana mestinya, konsumen berhak melaporkan kerugiannya ke BPSK, YLKI, Pengadilan, dan Lembaga terkait lainnya. Kata kunci : Makanan dan Minuman, Tidak Sesuai Spesifikasi dan Layanan, Perlindungan Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023 |
Depositing User: | Mr Hadiana - |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 04:59 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 04:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62791 |
Actions (login required)
View Item |