RANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL LEARNING SCHOOL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS: SMP NEGERI 1 CILENGKRANG)

Aditian, Kurnia Saputra and Sandra Islama Putra, DS and Wanda Gusdya, DS (2023) RANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL LEARNING SCHOOL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS: SMP NEGERI 1 CILENGKRANG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
AditianKurniaSaputra_183040103_TeknikInformatika.pdf

Download (449kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 kebutuhan teknologi pada bidang industri banyak dipergunakan oleh manusia sebagai produsen aktivitas pemenuhan kebutuhan sehari-hari, sehingga pada sumber daya manusia sangat diperlukan untuk mengembangkan teknologi digital. Aplikasi berbasis website adalah aplikasi yang dapat berjalan pada jaringan internet dan intranet yang membuat aplikasi website ini banyak diminati dan lebih mudah untuk diimplementasikan pada berbagai bidang khusunya bidang pendidikan. Selain itu ada spektrum pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di era digital yaitu virtual learning. Virtual Learning adalah istilah Bahasa Inggris yang diartikan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi pembelajaran virtual. Pembelajaran Virtual adalah gabungan dari dua suku kata, yaitu pembelajaran dan virtual. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Sedangkan virtual memiliki arti nyata, mirip dengan sesuatu yang dijelaskan, tampil dan hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer. Dengan penggunaan konsep Virtual Learning didalam proses pembelajaran jarak jauh ini lebih memberikan kemudahan belajar bagi siswa dan mempengaruhi sisi efisiensi dalam penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh serta berpengaruh dalam mentranformasikan bentuk menjadi budaya ajaran yang baru bagi pengelola, guru dan siswa. Virtual Learning memiliki potensi yang dapat memberikan peluang bagi siswa SMPN 1 Cilengkrang untuk dapat berinteraksi dengan pembelajaran secara online. Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan membangun aplikasi virtual learning berbasis website dengan menggunakan framework Laravel. Penelitian dilakukan dengan menentukan topik, identifikasi masalah, analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, pengujian sistem, tahap pengembangan sistem sampai dengan tahap pemeliharaan. Hasil akhir ini peneliti menghasilkan aplikasi Virtual Learning School berbasis website menggunakan framework Laravel. Kata Kunci: virtual learning, aplikasi berbasis website, laravel ii

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:59
Last Modified: 28 Mar 2023 04:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62790

Actions (login required)

View Item View Item