KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK TEMU PUTIH (Curcuma zedoaria Rosc.) AKIBAT PENGARUH JENIS BAHAN PENGISI DAN KONSENTRASI POLIETILEN GLIKOL SORBITAN MONOOLEAT (C64H124O26)

Aprisya, Putri Ayuningtiyas and Neneng Suliasih, DS and Yudi Garnida, DS (2023) KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK TEMU PUTIH (Curcuma zedoaria Rosc.) AKIBAT PENGARUH JENIS BAHAN PENGISI DAN KONSENTRASI POLIETILEN GLIKOL SORBITAN MONOOLEAT (C64H124O26). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Aprisya Putri Ayuningtiyas_173020175_Teknologi Pangan.pdf

Download (486kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh minuman serbuk temu putih dengan karakteristik terbaik dengan menggunakan jenis bahan pengisi dan konsentrasi polietilen glikol sorbitan monooleat (C64H124O26) yang berbeda. Manfaat dari penelitian ini adalah penganekaragaman produk diversifikasi temu putih sebagai produk pangan olahan dan meningkatkan nilai ekonomis dari temu putih sebagai produk pangan olahan. Rancangan percobaan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan faktorial 3x3 dan menggunakan ulangan sebanyak 3 kali lalu dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan. Jenis bahan pengisi yang digunakan adalah dekstrin, maltodekstrin dan gum arab. Konsentrasi polietilen glikol sorbitan monooleat (C64H124O26) yang digunakan adalah 0,4%, 0,6%, dan 0,8%. Penelitian pendahuluan dilakukan dengan tujuan menentukan suhu dan waktu pengeringan yang tepat untuk pembuatan minuman serbuk temu putih dengan menggunakan uji hedonik dengan atribut warna. Penelitian utama dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh jenis bahan pengisi dan konsentrasi polietilen glikol sorbitan monooleat. Respon dalam penelitian utama ini adalah respon fisika yaitu uji waktu larut dan rendemen, respon kimia yaitu uji kadar air, uji total padatan terlarut dan uji kadar kurkuminoid, serta respon organoleptik yaitu uji hedonik warna. Aroma, dan rasa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, jenis bahan pengisi, konsentrasi polietilen glikol sorbitan monooleat (C64H124O26) dan interaksinya berpengaruh terhadap kadar air, kadar kurkuminoid, waktu larut, rendemen, dan atribut mutu warna, dan rasa serbuk temu putih. Kata kunci : Temu putih, Dekstrin, Maltodekstrin, Gum arab, Polietilen glikol sorbitan monooleat (C64H124O26).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:48
Last Modified: 28 Mar 2023 04:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62788

Actions (login required)

View Item View Item