PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG SAGU DENGAN KACANG ROAY DAN KONSENTRASI SODIUM BIKARBONAT (NaHCO3) TERHADAP KARAKTERISTIK KERUPUK KACANG ROAY (Phaseolus lunatus L)

Yesica, Debora and Neneng Suliasih, DS and Dede Zainal Arief, DS (2023) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG SAGU DENGAN KACANG ROAY DAN KONSENTRASI SODIUM BIKARBONAT (NaHCO3) TERHADAP KARAKTERISTIK KERUPUK KACANG ROAY (Phaseolus lunatus L). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR YESICA DEBORA (183020171) FULL DRAF.pdf

Download (11MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh perbandingan tepung sagu dengan kacang roay dan konsentrasi sodium bikarbonat (NaHCO3) terhadap karakteristik kerupuk kacang roay. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari perbandingan tepung sagu dengan kacang roay yaitu sebesar 2:1, 1:1, 1:2 dan konsentrasi sodium bikarbonat yaitu sebesar 1%, 1,5%, 2% yang masing-masing terdiri dari tiga taraf, sembilan kombinasi, dan tiga pengulangan setiap kombinasi sehingga total 27 unit percobaan. Respon yang diamati meliputi respon kimia (pengujian kadar air, kadar protein), fisik (pengujian volume pengambangan), respon terbaik (pengujian kadar serat, kadar sianida) dan organoleptik (pengujian hedonik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan tepung sagu dengan kacang roay berpengaruh terhadap kadar air, kadar protein, volume pengembangan, serta sifat sensoris kerupuk (warna, aroma, rasa, dan kerenyahan). Konsentrasi NaHCO3 berpengaruh terhadap kadar air dan kadar protein. Interaksi keduanya antara perbandingan sagu dengan kacang roay berpengaruh terhadap kadar air terhadap kerupuk kacang roay. Respon terbaik berdasarkan uji organoleptik adalah kerupuk dengan proporsi tepung sagu : kacang roay sebesar 2 : 1 dengan konsentrasi sodium bikarbonat sebesar 1%. Kerupuk kacang roay memiliki kadar protein sebesar 8,45%, kadar serat sebesar 10,91%, dan kadar sianida sebesar 12,19 mg/kg. Kata kunci: Kerupuk, Tepung Sagu, Kacang Roay, Sodium Bikarbonat (NaHCO3).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:29
Last Modified: 28 Mar 2023 04:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62784

Actions (login required)

View Item View Item