KAJIAN MIMETIK BERORIENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA TOKOH DAN PENOKOHAN NOVEL SAWITRI DAN TUJUH POHON KELAHIRAN KARYA MASHDAR ZAINAL DAN RELEVANSINYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI (SMP)

RIRI EKA PRATIWI, NPM. 208090021 (2023) KAJIAN MIMETIK BERORIENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA TOKOH DAN PENOKOHAN NOVEL SAWITRI DAN TUJUH POHON KELAHIRAN KARYA MASHDAR ZAINAL DAN RELEVANSINYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI (SMP). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL TESIS_RIRI EKA PRATIWI.docx

Download (47kB)

Abstract

Eka Pratiwi, Riri. 2023. “Kajian Mimetik Berorientasi Nilai Karakter Religius Pada Tokoh dan Penokohan Novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran Karya Mashdar Zainal dan Relevansinya dengan Tuntutan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi (SMP)”. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si., (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji unsur tokoh dan penokohan yang berorientasi nilai kajian religius pada novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran karya Mashdar Zainal berdasarkan kajian mimetik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data berupa deskripsi. Data dalam penelitian ini berarti informasi atau fakta yang diperoleh melalui pengamatan atau penelitian di lapangan yang bisa dianalisis. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kata-kata tokoh, kalimat-kalimat yang diujarkan seorang tokoh, pernyataan tokoh, dan ungkapan para tokoh pada novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran karya Mashdar Zainal. Hasil kajian terhadap unsur penokohan pada novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran dilihat dari tuntutan kurikulum, aspek bahasa dan aspek psikologis, serta wawancara dengan narasumber diperoleh jawaban bahwa novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran dikategorikan baik dan layak dijadikan alternatif bahan ajar sastra untuk tingkat SMP. Kata kunci: Bahan ajar, kajian mimetik, unsur penokohan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:48
Last Modified: 28 Mar 2023 02:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62779

Actions (login required)

View Item View Item