ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN TOKOPEDIA SATUKAN SEMANGAT, KITA BISA #BANGKITBERSAMA DI YOUTUBE

Putra, Nur Bagus (2023) ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN TOKOPEDIA SATUKAN SEMANGAT, KITA BISA #BANGKITBERSAMA DI YOUTUBE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUS.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover terbaru.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Iklan “Tokopedia Satukan Semangat, Kita Bisa #BANGKITBERSAMA di Youtube. Untuk menganalisis sebuah simbol yang terkandung dalam “Tokopedia Satukan Semangat, Kita Bisa #BANGKITBERSAMA di Youtube, dapat dilakukan melalui sebuah studi analisis data berupa analisis semiotika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanda/simbol yang terdapat dalam iklan “Tokopedia Satukan Semangat, Kita Bisa #BANGKITBERSAMA dari segi Representment, Interpretant, dan Object. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teori Semiotika dari Charles Sanders Peirce dan teori Konstruksi Realitas Sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, wawancara, dokumentasi dan data dari internet. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang tekandung menunjukkan bahwa setiap adegan yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah pada pesan sosial. Selain itu realitas sosial yang dibangun dalam iklan tersebut memiliki pengaruh sosial yang dapat merubah perilaku dan pandangan masyarakat. Makna yang tersirat dari iklan tersebut adalah mereka ingin menyampaikan pesan bahwa pada saat ini posisi keadaan di masyarakat sudah banyak dampak buruk dalam bidang kesehatan dan juga perekonomian masyarakat terutama UMKM karena pandemic yang dimana sumber utama penghasilan dari hasil penjualannya. Maka dari itu kita sebagai masyarakat harus saling membantu dan satukan semangat dengan masyarakat lainnya untuk tetap bisa bertahan dikeadaan covid-19. Kata Kunci: Semiotika, Tokopedia Satukan Semangat, Kita Bisa Tanda, Simbol

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2021
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:49
Last Modified: 27 Mar 2023 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62771

Actions (login required)

View Item View Item