KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DAN SISWA MAN KOTA CIMAHI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID - 19

Nursyahbani, Ratih Dwi (2023) KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DAN SISWA MAN KOTA CIMAHI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID - 19. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.Abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Lembar Pengesahan.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.Kata Pengantar.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Gambar.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.Daftar Isi.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dan Siswa MAN Kota Cimahi Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid - 19”. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi antarpribadi yang dilakukan antara orang tua dan siswa MAN Kota Cimahi saat pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 ini. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi serta 14 (empat belas) orang yang dijadikan sebagai informan yang terdiri dari 6 (enam) orang tua siswa ,6 (enam) orang siswa, 1 (satu) informan ahli dan 1 (satu) informan akademisi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Joseph De Vito disini menurutnya, sikap empati, rasa positif serta dukungan dan kesetaraan dengan anak ditunjukkan melalui tahapan perbincangan antara orangtua dan anak. Penelitian ini menghasilkan proses komunikasi antarpribadi orang tua dengan anak dalam pembelajaan daring bisa terjadi dengan baik ditunjukkan dengan adanya sikap keterbukaan,sikap empati, sikap positif, memberikan dukungan, dan kesetaraan baik orang tua kepada anak juga kebalikannya sangat mendukung keberhasilan prestasi anak. Berhasil atau tidaknya pembelajaran daring kembali lagi kepada orang tua terlebih komunikasi antarpribadinya dengan anak, namun anak tidak dengan mudah dapat selalu terbuka tentang apa yang dialami dan dirasakan kepada orang tua, namun orang tua teteap berusaha untuk menunjukkan rasa empati dengan memahami perasaan anak , memberikan dukungan berupa fasilitas belajar daring dan sikap positif seperti memberi reward dan punnisment selama anak melakukan proses belajar daring. Kata kunci: Komunikasi antarpribadi, pembelajaran daring, orang tua-siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:18
Last Modified: 27 Mar 2023 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62768

Actions (login required)

View Item View Item