ANALISIS PERHITUNGAN EFEKTIVITAS MESIN LEAD LASER MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) (STUDI KASUS : PT. HARMONI REKA ENGINEERING)

ARVIANA, EFFENDI and Edi Gunadi, DS (2023) ANALISIS PERHITUNGAN EFEKTIVITAS MESIN LEAD LASER MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) (STUDI KASUS : PT. HARMONI REKA ENGINEERING). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Arviana Effendi_183010054_Teknik Industri.pdf

Download (444kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT. Harmoni Reka Engineering merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur yang bergerak dalam bidang pengembangan dan produksi produk berbahan baku sheet metal. Berdasarkan data perusahaan pada Januari 2021 sampai dengan Desember 2021 diketahui bahwa produk yang paling banyak di produksi yaitu Free Standing. Mesin lead laser merupakan salah satu mesin yang digunakan untuk memproduksi produk tersebut. Diketahui bahwa permasalahan sering ditemukan pada mesin lead laser, maka perlu dilakukan pengukuran terkait efektivitas mesin. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghitung efektivitas mesin lead laser dan memberikan usulan perbaikan. Metode OEE (Overall Equipment Effectiveness) digunakan untuk melakukan perhitungan terkait efektivitas mesin. Hasil perhitungan nilai efektivitas mesin lead laser pada bulan Januari 2021 sampai dengan 2021 diperoleh nilai ratarata availability ratio sebesar 89,94%, performance efficiency sebesar 66,49%, rate of quality product sebesar 84,90%, sehingga nilai OEE yang didapat yaitu sebesar 54,64%<85%. Nilai OEE mesin lead laser masih dibawah nilai standar dikarenakan oleh nilai dari performance efficiency yang rendah. Losses yang mempengaruhi nilai performance efficiency menjadi rendah yaitu terdapat pada reduced speed losses sebesar 50,78%, karena sering mengalami kerusakan yang menyebabkan menurunnya efektivitas dari mesin. Faktor penyebab nilai dari reduced speed losses tinggi yaitu kerusakan mesin lead laser terlampau lama, komponen mesin yang sudah aus, SOP yang kurang diterapkan dengan baik oleh operator, kurangnya pelatihan terkait mesin yang digunakan, dan juga beban kerja yang tinggi. Usulan perbaikan agar nilai efektivitas dari mesin tetap terjaga yaitu menerapkan pelatihan untuk operator terkait mesin yang dioperasikannya, menerapkan sistem autonomous maintenance yang di mana nantinya operator tidak hanya mengoperasikan mesin tetapi juga bisa melakukan perawatan mesin secara sederhana. Kata Kunci : Efektivitas Mesin, OEE (Overall Equipment Effectiveness), Six Big Losses, Mesin Lead Laser

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:08
Last Modified: 21 Mar 2023 06:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62730

Actions (login required)

View Item View Item