PERANCANGAN ULANG STASIUN KERJA WELDING DAN PACKAGING PADA PEMBUATAN KNALPOT DENGAN MENGGUNAKAN PETA MORFOLOGI (STUDI KASUS : PT. SANDY GLOBALINDO)

AFINA, DIMEITRI FADLILAH and Dedeh Kurniasih, DS (2023) PERANCANGAN ULANG STASIUN KERJA WELDING DAN PACKAGING PADA PEMBUATAN KNALPOT DENGAN MENGGUNAKAN PETA MORFOLOGI (STUDI KASUS : PT. SANDY GLOBALINDO). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Afina Dimeitri Fadlillah_183010075_Teknik Industri.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT. Sandy Globalindo (PT.SND) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang otomotif terdapat berbagai macam produk yang dihasilkan mulai dari sparepart sampai dengan aksesoris pada kendaraan roda dua. Salah satu aksesoris yang diproduksi adalah knalpot all type. Terdapat beberapa divisi pada pembuatan knalpot ini namun pada penelitian kali ini hanya pada divisi welding dan juga Packaging. Ketika melihat kepada lantai produksi pembuatan knalpot, terlihat bahwa workstation yang digunakan belum mencapai ENASE. Ketika dilakukan wawacara kepada operator terdapat keluhan dari operator pada bagian musculoskeletal. Maka dari itu perlu adanya perancangan ulang workstation dengan mempertimbangkan hasil dari analisis postur operator saat sedang melakukan pekerjaannya. Analisis postur yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Quick Exposure Check (QEC) berupa penyebaran kuisioner kepada divisi yang bersangkutan yaitu divisi welding dan divisi Packaging. Pada metoda ini juga melihat dari dua sudut pandang yaitu sisi operator dan juga peneliti. Dilakukan juga validasi dengan menggunakan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Hasil dari analisis postur kerja dari operator dijadikan landasan dalam perancangan ulang workstation dengan menggunakan peta morfologi dan alternatif yang dipilih digunakan metoda weighted objective dan pairwise comparison agar mendapatkan hasil yang terbaik. Ketika sudah mendapatkan hasil dari peta morfologi dilakukan perancangan 3D dan disimulasikan hasil dari perancagan workstation agar mengetahui bahwa adanya perancangan ulang workstation itu membuat postur pada operator lebih baik. Kata Kunci : PT.SND, Musculoskeletal, QEC, RULA, Workstation, Peta Morfologi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Mar 2023 04:52
Last Modified: 21 Mar 2023 04:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62725

Actions (login required)

View Item View Item