PENGARUH JENIS SUSU DAN PERBANDINGAN SUKROSA DENGAN LAKTOSA TERHADAP KARAKTERISTIK YOGHURT LAMTORO GUNG (Leucaena leucocephala)

Santi, Anggraeni and Sumartini, DS and Istiyati Inayah, DS (2023) PENGARUH JENIS SUSU DAN PERBANDINGAN SUKROSA DENGAN LAKTOSA TERHADAP KARAKTERISTIK YOGHURT LAMTORO GUNG (Leucaena leucocephala). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Santi Anggraeni_183020179_Teknologi Pangan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan produk yoghurt lamtoro gung yang memiliki nilai fungsional dan memiliki sifat organoleptik yang dapat diterima oleh konsumen serta untuk mengetahui pengaruh penambahan jenis susu dan perbandingan sukrosa dengan laktosa terhadap karakteristik yoghurt lamtoro gung. Manfaat penelitian ini yaitu untuk diversifikasi produk olahan biji lamtoro gung agar menjadi produk yang dapat dikonsumsi dapat diterima bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 2x3 dengan ulangan sebanyak 4 kali. Faktor pertama yaitu jenis susu yang terdiri dari 2 taraf a1 (susu skim 10%) dan a2 (susu full cream 10%). Faktor kedua yaitu perbandingan sukrosa dengan laktosa yang terdiri dari 3 taraf b1 (3:7), b2 (1:1), dan b3 (7:3). Respon pada penelitian ini terdiri dari respon organoleptik (warna, aroma, dan rasa), respon fisik (viskositas), dan respon kimia (pH dan total asam). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis susu berpengaruh terhadap warna, aroma, viskositas total asam. Tetapi tidak memnerikan pengaruh terhadap pH dan rasa yoghurt lamtoro gung. Perbandingan sukrosa dengan laktosa berpengaruh terhadap warna, aroma, rasa, viskositas dan total asam. Tetapi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pH yoghurt lamtoro gung. Interaksi jenis susu dan perbandingan sukrosa dengan laktosa berpengaruh terhadap warna dan rasa. Tetapi tidak memberikan pengaruh nyata trhadap pH, total asam, dan viskositas yoghurt lamtoro gung. Kata kunci : Jenis Susu, Perbandingan Sukrosa dengan Laktosa, Fermentasi, Biji Lamtoro Gung

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:07
Last Modified: 20 Mar 2023 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62694

Actions (login required)

View Item View Item