PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PADA LANTAI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING DAN ALGORITMA CRAFT PADA CV. NANDANG KOMARA(NK) (STUDI KASUS: DI CV NANDANG KOMARA)

WITARSA, 183010206 and Toto Ramadhan, DS (2023) PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PADA LANTAI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING DAN ALGORITMA CRAFT PADA CV. NANDANG KOMARA(NK) (STUDI KASUS: DI CV NANDANG KOMARA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Witarsa_183010206_Teknik Industri.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK CV.Nandang Komara Bandung merupakan perusahaan pembuatan OHM saklar. CV.Nandang Komara memproduksi dua jenis saklar yaitu, saklar 63 ampere dan 40 ampere dengan bahan, proses yang dilalui sama. Pada proses alur produksinya, CV.Nandang Komara memiliki alur proses yang kurang efektif dan memiliki ongkos material handling yang tinggi, maka dari itu perlu dilakukan usulan rancangan tata letak fasilitas menggunakan metode systematic layout planning dan algoritma CRAFT, untuk membantu dalam mendapatkan ongkos material handling dan tata letak fasilitas usulan. Merancang dengan menggunakan systematic layout planning membutuhkan beberapa data yang diperlukan yaitu tata letak awal, OMH awal, from to chart, inflow dan outflow, activity relationship diagram dan area allocation diagram. Sedangkan untuk algoritma CRAFT data yang dibutuhkan adalah hasil dari pengolahan data yang mennggunakan systematic layout planning. Merancang ulang tata letak fasilitas menggunakan algoritma CRAFT dibutuhkan bantuan software winqsb untuk menentukan rancangan yang dibutuhkan. Tata letak alternatif tersebut diharapkan dapat menjadi masukan untuk CV.Nandang Komara pada tata letak fasilitasnya. Kata Kunci : algoritma CRAFT, systematic layout planning, tata letak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 17 Mar 2023 06:08
Last Modified: 17 Mar 2023 06:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62670

Actions (login required)

View Item View Item