PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAMIFICATION PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG

Cahyati , Risya Nur, 185030032 (2023) PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAMIFICATION PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Proses mengajar pasti terdapat masalah-masalah yang terjadi, salah satunya yaitu masih minimnya pendidik yang kurang kreatif dan juga kurang tepat dalam pemilihan metode pembelajaran. Sehingga peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui keefektifan dari metode gamification terhadap keberhasilan pendidik dan juga peserta didik pada proses pembelajaran di kelas dengan materi pembelajaran teks eksplanasi di kelas XI. Karena seperti kita tahu bahwa dengan diterapkannya metode gamification pada pembelajaran dapat mengacu peserta didik berpartisipasi aktif dalam pembelajaran di kelas. Peserta didik kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung mampu dalam mengikuti pembelajaran teks eksplanasi. Hal ini terbukti berdasarkan perolehan hasil rata-rata pada kegiatan posttest yang mengalami peningkatan dari kegiatan pretest. Hasil rata-rata prettest kelas eksperimen adalah 20,00 dan mengalami peningkatan pada posttest menjadi 77,67. Selanjutnya, rata-rata pretest kelas kontrol adalah 20,00 dan mengalami peningkatan pada posttest menjadi 62,07. Tetapi, rata-rata pada kelas eksperimen mengalami lebih besar dari kelas kontrol. Maka, berdasarkan peningkatan hasil rata-rata tersebut, peserta didik mampu dalam pembelajaran teks eksplanasi dengan menggunakan metode gamification. Metode gamification efektif digunakan dalam pembelajaran teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMK 3 Pasundan Bandung Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini terbukti berdasarkan hasil dari uji maan whitney yang dilakukan oleh penulis. Berdasarkan uji man whitney tersebut, diperoleh nilai Asymp.Sig (2- tailed) sebesar 0,000, kelas eksperimen memperoleh nilai mean rank sebesar 21,13 dan sum of ranks sebesar 317,00. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai mean rank sebesar 9,83 dan sum of ranks sebesar 148,00. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Dengan diperolehnya nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000, berarti hipotesis diterima. Kata kunci: Metode pembelajaran, gamification, prettest-postest, uji man whitney

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:32
Last Modified: 17 Mar 2023 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62664

Actions (login required)

View Item View Item