ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PASIEN DI KLINIK NUR MUHAMMAD MAJALAYA

Ary Nugroho, Arif (2023) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PASIEN DI KLINIK NUR MUHAMMAD MAJALAYA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Arif Ary Nugroho_MMRS.docx

Download (96kB)

Abstract

Nugroho, Arif Ary. 2023. Mutu pelayanan kesehatan masyarakat perlu terus ditingkatkan untuk meningkatkan derajat kesehatan karena terwujudnya keadaan sehat adalah kehendak semua pihak. Kemenkes RI (2019) menyatakan bahwa kesehatan merupakan hak seluruh warga negara dan semua pihak harus ikut serta untuk mewujudkannya. Untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang baik dibutuhkan kualitas pelayanan yang baik pula guna menghasilkan kepuasan serta keloyalitasan pasien. Namun beberapa fasilitas kesehatan memiliki tingkat kualitas pelayanan yang kurang baik, salahsatunya adalah klinik Nur Muhammad Majalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien serta dampaknya terhadap loyalitas pasien. Untuk mengetahui pengaruh tersebut dilakukan pengambilan data melalui kuesioner terhadap 254 responden. Teknik analisis yang dilakukan adalah pendekatan statistik deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien serta dampaknya terhadap loyalitas pasien dengan besar pengaruh keterwujudan (X1) dengan total pengaruh sebesar 5,922%, kehandalan (X2) dengan total pengaruh sebesar 5,763%, daya tanggap (X3) dengan total pengai-uh sebesar 6,023%, jaminan (X4) dengan total pengaruh sebesar 5,476% dan empati (X5) dengan total pengaruh sebesar 6,281 %. Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pasien, loyalitas pasien.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:11
Last Modified: 17 Mar 2023 03:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62660

Actions (login required)

View Item View Item